Mengenal Aespa, Girl Grup K-Pop Pertama yang Mengusung Konsep Metaverse

Aespa adalah girl grup K-Pop pertama yang mengusung konsep metaverse. Aespa melakukan debutnya pada 17 November 2020 di bawah naungan salah satu agensi besar dan agensi K-Pop tertua di Korea Selatan yaitu SM Entertainment. Dengan beranggotakan 8 member yang tersusun atas 4 anggota manusia (Karina, Winter, Giselle, dan Ningning) serta 4 anggota virtual atau yang disebut ae (ae-Karina, ae-Winter, ae-Giselle, dan ae-Ningning), Aespa telah membuka terobosan baru penggabungan musik dengan teknologi Metaverse.

Advertisement

Meskipun baru melakukan debut kurang dari 2 tahun namun berbagai prestasi dan rekor telah dilampaui merka. Aespa menjadi girl grup gen 4 yang memiliki MV debut dengan views terbanyak dalam 24 jam untuk saat ini.

Prestasi lain ditorehkan pada berbagai acara awards dimana Aespa memenangkan penghargaan Rookie of the year di lima ajang penghargaan terbesar di Korea, yaitu Melon Music Awards (MMA), Mnet Asian Music Awards (MAMA), Golden Disk Awards (GDA), Gaon Chart Music Awards (GCMA) dan Seoul Music Awards (SMA).

Aespa juga memenangkan penghargaan 2021 Visionary Awards karena menciptakan budaya fandom baru dengan memperkenalkan alam semesta unik mereka. Tidak berhenti sampai di situ Aespa juga memenangkan 3 penghargaan di Korean Music Awards (KMA) ke-19 yang meliputi Song of the Year, Rookie of the Year dan Best K-Pop Song (untuk lagu hit mereka Next Level). Dengan banyaknya prestasi yang diraih, Aespa mendapat julukan sebagai The Ultimate Rookie Grand Slam.

Advertisement

Baru-baru ini Aespa dipilih menjadi Next Generation Leader bersama dengan BTS oleh Time Magazine U.S. Terpilihnya aespa menjadi Next Generation Leader menjadikannya sebagai girl grup K-Pop pertama dan grup K-Pop kedua yang meraih gelar tersebut.

Dalam wawancaranya di YouTube TIME, Aespa mengatakan Metaverse Icon hal tersebut merujuk pada penjelasan mereka selanjutnya mengenai konsep dimana nama Aespa sendiri merupakan kepanjangan dari avatar dan experience yang terkoneksi dengan dunia metaverse yang juga menghubungkan antara dunia nyata dan dunia virtual.

Hingga saat ini Aespa telah merilis 3 lagu hits berturut-turut yaitu Black Mamba yang merupakan lagu debut mereka, Next Level, dan Savage. Aespa juga telah merilis mini album pertama mereka yang hingga saat ini telah terjual lebih dari 600.000 copy. Para penggemar pun kini tengah menanti comeback dari aespa setelah penampilan mereka yang membawakan lagu baru yang berjudul Life's too Short di Coachella.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang mahasiswa yang sedang merintis untuk mencapai cita-citanya.

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE