Mengenal Batik dan Jumputan Ibu Sejahtera

Batik dan Jumputan adalah perpaduan batik tulis dan batik ikat celup yang sangat apik.

Batik dan jumputan adalah sebuah kombinasi antara proses pembatikan dan penggunaan teknik jumputan. Pembuatan batik ini biasanya menggunakan teknik tulis dengan canting, ataupun cap. Proses pembatikan di zaman sekarang banyak cara yang digunakan untuk membatik. Sedangkan jumputan ini adalah teknik membatik yang dibuat denngan cara diikat sesuai pola yang diinginkan kemudian dicelupkan di cat warna.

Advertisement

Di zaman sekarang batik sudah dikenal oleh berbagai daerah, bahkan sudah sampai di berbagai Negara. Batik salah satu ciri khas pakaian daerah di Indonesia. Batik sekarang juga sudah didesign dengan berbagai model menyesuaikan perkembangan zaman dan bisa digunakan untuk acara formal atau non formal.

Batik dan jumputan memang terdengar agak asing dimasyarakat pada umumnya, akan tetapi teknik batik dan jumputan sebenarnya sudah lama berkembang di masyarakat. Tetapi teknik ini dipandang sebelah mata oleh sebagian orang, oleh karena itu, UMKM ini mengenalkan kembali batik dan jumputan ke masyarakat luas.

Untuk mengenalkan batik di kalangan anak muda milenial sekarang bisa melalui pameran, pameran atau biasanya yang efektif adalah dengan cara seorang public figure menampilkan cara berpakaian mereka yang menggunakan batik. Biasanya public figure ini menggunakan batik juga untuk menunjukan bahwa mereka dengan produk dalam negeri yang satu ini.

Advertisement

Batik dan jumputan “Ibu Sejahtera” ini adalah salah satu UMKM yang berada di kota Yogyakarta. UMKM ini dikelola oleh beberapa ibu-ibu di Kampung Tahunan yang bersedia mewujudkan dan mengembangkan Kampung Tahunan menjadi sentra batik jumput. UMKM ini dibentuk mulai dari tahun 2011, dibentuk karena keinginan dari kelompok ibu-ibu ini ingin menambah ketrampilan yang mereka miiki. Terus dibentuklah UMKM batik jumput. Batik dan jumputan dari “Ibu Sejahtera” ini memiliki ciri khas motif manik-manik klasik dan proses pewarnaan yang menggunakan bahan-bahan alami.

UMKM “Ibu Sejahtera” ini memproduksi batik dan jumputan secara manual, proses pembuatan yang mereka gunakan masih manual semua, akan tetapi hasil yang didapatkan juga sangatlah indah. Untuk motif yang dibuat juga sangatlah beragam. Ada beberapa motif cap yang menggunakan daun-daunan asli, bunga-bunga, dan lain sebagainya. Motif yang di pilih biasanya yaitu manik-manik. Karena jumputan sangatlah identic dengan manik-manik. Oleh karena itu, batik dan jumputan “Ibu Sejahtera” ini memadukan motif manik-manik ini menggunakan motif-motif lainnya. Perpaduan yang ada dibatik dan jumputan ini membuat kesan batik tidak monoton. Sehingga bisa dipakai untuk unisex dari berbagai kalangan dan berbagai usia.

Untuk harga batik dan jumputan ini berkisar  mulai dari Rp 150.000 sampai Rp 500.000. Harga ini biasanya tergantung dengan corak motif, kain yang dipakai, hingga perpaduan warna digunakan. Nah, batik dan jumputan “Ibu Sejahtera” juga bisa menerima pesanan sesuai dengan motif dan corak sesuai dengan keinginan pelanggan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE