Mengenal Penyakit CIPA: Ketidakpekaan Terhadap Rasa Sakit di Drama Korea

Seorang dokter yang memiliki pasien pengidap CIPA atau ketidakpekaan terhadap rasa sakit maupun suhu sekitar

Pencita drama korea atau drakor, pastinya tidak asing dengan drama yang berjudul " Doctor John ". Drama ini ditulis oleh Kim Ji-Woon, merupakan drama produksi dari perusahaan Studio Dragon, KJP Corporation dan di distribusikan oleh SBS TV. Drama Doctor John yang rilis pada 19 July 2019 – 7 September 2019 merupakan drama korea yang me-remake Drama Jepang berjudul On Hand of God by Kusakabe.

Advertisement

Drama ini menceritakan sesosok dokter bernama Cha Yo-han yang pernah menjadi narapidana karena melakukan Euthanasia atau tindakan sengaja untuk mengakhiri hidup seseorang yang sangat sakit dan menderita. Tindakan eunthansia sendiri merupakan tindakan yang ilegal untuk dilakukan di korea selatan, tetapi saat itu dokter Cha terpaksa melakukan hal tersebut karena melihat pasien kanker perut yang sudah mulai sekarat hidupnya.

Singkat cerita, setelah melewati banyak hal, dokter Cha kembali menjadi seorang dokter pereda nyeri dirumah sakit bernama Hanse. Suatu ketika ia bertemu dengan seorang pasien yang mengidap penyakit CIPA bernama Lee Gi-seok. CIPA sebuah penyakit bawaan lahir/ diturunkan. Penyakit atau mengidap CIPA merupakn seseorang tidak mampu merasakan suhu, tidak berkeringat (anhidrosis), dan tidak merasakan sakit ketika cedera, terbentur, atau terluka. Gi-seok merupakan pasien dokter Cha yang mengidap penyakit CIPA, karena pada saat dibawa kerumah sakit oleh sang ibu, Gi-seok berada dalam kondisi tangannya robek dan tertusuk dengan pecahan beling, tetapi anehnya Gi-seok tidak merasakan sakit sama sekali dan mampu untuk mencabut pecahan beling yang terdapat dipergelangan tangannya. Dan disaat itulah dokter Cha bisa mengetahui bahwa Gi-seok mengidap penyakit CIPA.

Advertisement

Menurut para ahli, penyakit CIPA bisa dilihat dengan pemeriksaan genetik dan cenderung berbahaya, karena pengidap tidak bisa menunjuk atau menentukan letak sakit yang terdapat didalam tubuhnya. Ketika pengidap CIPA tertusuk sebuah paku, mereka tidak akan merasakan sakitnya tertancap paku dikaki atau tangan mereka. Penyakit ini perlahan bisa membunuh pasien apabila tidak segera ditangani dengan benar. Dalam drama Doctor John, betapa terkejutnya dokter Cha melihat kondisi Gi-seok yang perlahan dalam tubuhnya mengalami pembusukan akibat terlambat ditangani oleh ahli medis, dan berbahaya apabila dioperasi, karena cairan nanah yang hampir menyebar luas kedalam tubuh Gi-seok.

Drama korea berjudul Doctor John, memiliki alur cerita yang baik, para pemeran didalam drama tersebut bisa memerankan posisi dokter dengan baik dan menjelaskan secara detail bahasa bahasa ilmiah kedokteran dan menjelaskan arti dari kata tersebut. Selain itu, drama ini memiliki plot twist dari yang dialami dokter Cha dan juga memiliki kisah romantis, serta kisah kekeluargaan yang kuat didalamnya. Drama korea ini juga bisa diakses melalui Netflix dan Viu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE