Mengulang Kembali Pejalanan dan Kesuksesan Stray Kids

Stray Kids merupakan grup band bentukan JYP Entertainment yang debut pada 25 Maret 2018 dari survival show dengan nama yang sama. Grup beranggotakan Bangchan, Lee Know, Changbin, Hyunjin, Han, Felix, Seungmin dan I.N baru saja merilis album mini yang keenam bertajuk Oddinary dengan judul lagu utama Maniac pada tanggal 18 Maret 2022.

Advertisement

Perilisan album tersebut mengundang perhatian publik termasuk antusiasme Stay, nama penggemar Stray Kids. Apalagi, mereka baru saja menandatangani kontrak dengan perusahaan musik Amerika yaitu Republic Record. Album ini juga merupakan album kedua Stray Kids yang berhasil mencetak rekor 1 juta penjualan saat masa pemesanan.

Namun, di hari perilisan lagu, tepat setelah merekam penampilan untuk program musik Music Bank dan konferensi pers, salah satu anggota yaitu Changbin, terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal tersebut mengharuskan Changbin melakukan karantina. Pada tanggal 19 maret, anggota lain yaitu Han juga terkonfirmasi positif Covid-19. Kemudian, pada tanggal 21 dan 22 Maret empat anggota juga dikonfirmasi positif covid-19 yaitu Seungmin, Bangchan, Lee Know dan Hyunjin. Hal ini menyebabkan kegiatan penampilan lagu terbaru minggu pertama berhenti sementara sampai keadaan semua anggota membaik.

Advertisement

Para anggota menghibur penggemar dan mengatakan bahwa mereka akan segera sembuh dan kembali beraktivitas segera. Lee Know, Seungmin dan Hyunjin juga mengatakan di aplikasi khusus chat antara penggemar dan artis, bahwa mereka akan kembali di minggu ke 3 setelah perilisan lagu, bukan pada tanggal 18 Maret 2022. Hal tersebut sempat mengundang tawa antara para anggota dan penggemar.

Namun, agensi mungkin menganggap gurauan tersebut menarik sehingga pada tanggal 25 Maret, mereka merilis pengumuman di Twitter dengan keterangan Re-Comeback atau mengulang kembali beserta poster yang menampilkan jadwal untuk kegiatan satu minggu selanjutnya.

Advertisement

Seperti perilisan video musik lagu-lagu di album seperti Venom, Lonely St. dan Freeze, perilisan Album Oddinary versi Jewel Case, 2 Kids Room yang merupakan program mingguan setiap hari senin, pembuatan video musik Maniac dan hari-hari mereka ke acara musik seperti Show Champion, M Countdown, Music Bank, Music Core, dan Inkigayo.

Tentu saja, konsep mengulang kembali meningkatkan antusiasme Stay dan publik lagi. Saya sebagai bagian dari Stay, merasa bahwa konsep mengulang kembali sangat menarik. Tidak semua grup yang berhenti di tengah promosi karena ada anggota yang positif Covid-19 akan melakukan promosi lanjutan.

Mereka akan berhenti saat itu juga, atau lanjut tapi tidak ada pengumuman spesial. Saya anggap, para karyawan di balik layar mewujudkan ide yang menarik. Menggunakan gurauan anggota untuk membuat satu konsep yang menarik. 

Dampak dari konsep mengulang kembali dapat kita lihat dari berbagai prestasi yang Stray Kids raih selama era Maniac. Seperti, meraih 2 kemenangan pada acara musik Music Bank dan Show Champion. Mereka juga bekerja sama dengan merek pakaian ternama yaitu Mahagrid dan Bench. Bahkan, mulai tampil di acara tengah malam yang tayang di Amerika.

Namun, dampak terbesar dalam karir musik Stray Kids selama era Maniac yaitu mendapat peringkat 1 di Billboard Chart top 200. Stray Kids merupakan artis ketiga yang berhasil mendapat peringkat 1 di Billboard Chart top 200 setelah BTS dan Super M dan artis pertama dari JYP Entertainment yang berhasil mendapatkan peringkat tersebut.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE