Belakangan ini diet menjadi topik pembahasan yang sangat menarik oleh masyarakat, baik kaum wanita maupun laki-laki. Keinginan memiliki bentuk tubuh yang ideal membuat banyak orang berlomba-lomba melakukan berbagai cara untuk mendapatkannya. Namun kemajuan teknologi saat ini membuat banyak orang berfikiran praktis, dengan menggunakan alat-alat medis untuk menurunkan berat badan.

Tetapi perlu Anda ketahui bahwa masih banyak cara diet sehat dan cepat yang bisa anda ikuti dan coba untuk mendapatkan bentuk tubuh sesuai harapan.

Penyebab gagalnya program diet

Sebelum mengupas cara diet sehat dan cepat, maka sebaiknya perhatikan dahulu beberapa penyebab gagalnya diet kebanyakan orang berikut ini.

Advertisement
  • Kurangnya waktu tidur yang mana akan menyebabkan rasa lapar yang lebih sering karena produksi insulin, gula darah juga hormon kortisol yang naik.
  • Mengkonsumsi makanan yang berlebih setelah berolahraga, hal ini memang sulit dielakkan karena terbakarnya kalori akan membuat rasa lapar yang hebat.
  • Telat makan juga menjadi penyebab lainnya, karena diet bukan berarti sengaja telat atau bahkan meninggalkan makan. Jika anda sengaja menunda agar makannya telat maka hal ini akan membuat tubuh lebih merasa lapar dan biasanya sulit untuk mengontrolnya.

Langkah-langkah mudah diet cepat dan aman

Advertisement

Setelah mengetahui penyebab gagalnya diet, berikut ini beberapa cara diet sehat dan cepat:

  • Jangan sekali-kali meninggalkan sarapan, karena jika terjadi metabolisme dalam tubuh akan bekerja dengan lambat. Selalu usahakan untuk sarapan lebih awal dari biasanya dengan makanan yang mengandung serat tinggi, protein juga gizi.
  • Mulai membiasakan diri untuk meminum air putih 8 gelas perhari dengan berkala, terutama sebelum dan sesudah makan. Air putih sangat baik dan akan sangat efektif mensukseskan program diet.
  • Selalu gerakkan tubuh termasuk membiasakan olahraga setiap harinya. Lakukan olahraga ringan namun bisa membakar lemak dengan baik, seperti joging, aerobik dan lainnya.
  • Kiat diet sehat nan alami lainnya dengan mengkonsumsi buah dan sayur setiap harinya terutama makanan yang tinggi seratnya.
  • Mulai ganti jenis makanan dengan karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks serta tetap makan malam namun dengan sayur yang hanya direbus atau buah karena tubuh saat malam tidak terlalu banyak bergerak sehingga hindari makanan berkabohidrat.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda baik yang sedang menjalani diet atau bagi yang baru akan memulainya.

Hal terpenting untuk konsisten dalam menjalankan diet tersebut sehingga bentuk tubuh yang diinginkan segera tercapai di samping tubuh tetap sehat dengan program diet yang sehat tersebut.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya