Mengurangi Penyebaran COVID-19, Dimulai dari Kebersihan Tangan

Basah, busa, gosok, bilas, dan keringkan. Sederhana bukan? tetapi kenapa masih banyak yang tidak mau membiasakan diri untuk untuk kebaikan bersama dan diri sendiri.

Kabar tentang virus corona memang mengkhawatirkan, namun ada berbagai langkah yang bisa kita lakukan agar tidak menyebar. Mencuci tangan, terdengar sepele, tapi ini adalah salah satu cara termudah untuk melindungi diri Anda dan orang yang Anda cintai dan menghindari penyebaran semua virus, termasuk virus corona dan influenza yang meluas. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air atau gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol di mana sabun dan air tidak tersedia adalah garis perlindungan pertama untuk menghindari penyebaran infeksi.

Advertisement

Menurut World Health Organization (WHO), COVID-19 menyebar melalui tetesan pernapasan, yang biasanya terbang antara tiga hingga enam kaki dan mendarat di permukaan tempat mereka dapat bertahan selama beberapa jam hingga beberapa hari. Ada kemungkinan penyakit akan tertular dengan menghirup spora, tetapi ada risiko yang lebih besar penularannya dengan menyentuh permukaan, seperti meja, pegangan tangan atau pegangan pintu, tempat tetesan mungkin telah terkumpul.

Dilaporkan bahwa orang-orang menghubungi wajah mereka sekitar 23 kali dalam satu jam. Jauhkan tangan Anda dari hidung, mata, dan mulut untuk membantu menghindari infeksi. Menyentuh selaput lendir di wajah dengan tangan yang tidak dicuci menyebabkan kuman penyebab infeksi saluran pernapasan seperti COVID-19 masuk ke dalam tubuh. Saat kita menghubungi seseorang yang sedang sakit, atau menyentuh permukaan yang kotor, tangan kita terinfeksi kuman, dan kita dapat menyuntik diri kita sendiri dengan kuman tersebut dengan menggosok telinga kita. Berikut adalah langkah langkah mencuci tangan yang di sarankan oleh Centers for Diseases Control (CDC);

Basah: Letakkan tangan Anda di bawah air bersih yang mengalir.

Advertisement

Busa: Tambahkan sabun dalam jumlah banyak ke bagian dalam dan belakang telapak tangan dan ujung jari Anda. Bersihkan tangan Anda setidaknya selama 20 detik, dan jangan lupa untuk mencuci tangan di bawah perhiasan dan kuku. Ujung jari Anda sangat penting karena orang sering kali meletakkan jari di mulut, hidung, dan mata. Begitulah cara virus menyebar.


  • Gosok: Gosok kedua tangan dan usapkan jari Anda ke kedua tangan. Anda tidak perlu sikat untuk membersihkan. Anda tidak perlu menggosok berat.

  • Bilas: kembalikan semua tangan ke air mengalir dan bersihkan sabun dengan lembut.

  • Keringkan: Keringkan air sepenuhnya dari telapak tangan Anda. Cara terbaik untuk mencegah meninggalkan kuman pada handuk adalah dengan menggunakan handuk sekali pakai (paper towel). Pengering udara, biasanya digunakan di kamar mandi umum, juga efisien.

Advertisement

Profesor Pogrebna dan Dr. Kharlamov menggunakan pengumpulan data 64.002 responden sebagai pengganti praktik cuci tangan untuk menyelidiki pengaruh budaya ini terhadap tingkat keparahan wabah COVID-19. Alex Kharlamov berkata: "Berbagai faktor mungkin telah berkontribusi pada penyebaran COVID-19 di seluruh dunia, tetapi budaya mencuci tangan saja tampaknya menjadi faktor penting dalam memahami mengapa wilayah tertentu terkena dampak epidemi yang lebih serius. Waktu dapat mengatakan jika masalah yang diangkat oleh COVID-19 akan terus menyatukan komunitas cuci tangan di seluruh dunia.Namun, data yang disesuaikan dengan variasi budaya dan perbedaan pertumbuhan ekonomi antar negara-menunjukkan hubungan yang sangat erat antara kurangnya budaya mencuci tangan dan paparan virus."

Mencuci tangan cepat dan harus menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari setiap orang. Jika menjadi rutinitas bagi semua orang di negara ini, tidak hanya dapat menghindari kematian dan penyakit akibat virus koroner. Ini mungkin awal dari pendekatan yang lebih berhasil untuk menghilangkan kematian penyakit menular dan virus lainnya.

Kita semua akan mendukung negara kita dengan menggunakan salah satu cara yang sudah kita miliki, yaitu mencuci tangan. Tidak hanya "meratakan kurva", tetapi ada juga "bukti kuat" dari survei dan perkiraan spesialis bahwa telah terjadi penurunan 70% dalam infeksi seperti flu dan flu sejak awal pandemi, dengan munculnya tangan pencucian.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE