Makanan yang di goreng pasti akan memiliki minyak entah itu sedikit atau banyak, terkadang minyak ini juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Namun banyak orang menyukai makanan di goreng terlebih karena gurih, renyah atau dengan alasan yang lain.

Bagi Anda yang hobi memasak dengan adanya minyak yang banyak ini akan merasa terganggu, terlebih bagi pengusaha makanan seperti keripik, kerupuk, kacang goreng, abon, peyek, dan makanan yang di goreng lainnya hal ini akan mengurangi nilai jual dan kurang menarik.

Ada cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kadar minyak, yaitu dengan meniriskannya dengan tepat. Ada 2 ( dua ) cara untuk meniriskan kadar minyak dalam makanan ini secara manual dan dengan mesin spinner minyak.

Cara pertama secara manual yaitu dengan menggunakan tisu tebal atau tisu handuk. Tisu jenis memang dikhususkan untuk mengolah makanan jadi lebih aman. Bahan dari tisu yang agak kasar dan lebih tebal mampu untuk menyerap minyak lebih baik dan cepat. Cara menggunakannya yaitu makanan yang sudah selesai di goreng di tiriskan sebentar dan letakkan di tisu tersebut dan diamkan beberapa saat.

Maka minyak dalam makanan akan berpindah cepat ke tisu. Namun jangan terlalu lama menaruh makanan yang digoreng di tisu karena tisu juga akan menyerap uap air dan jika hal ini di diamkan lama makanan menjadi lembab akibatnya kerenyahan makan akan berkurang.

Advertisement

Meniriskan minyak dengan cara pertama memang sedikit lebih lama dan untuk kapasitasnya juga sedikit. Cara yang kedua yaitu dengan spinner minyak dimana terdapat tabung berjaring untuk meniriskan kadar minyak dengan dispin atau diputar. Dengan spinner minyak juga bisa lebih cepat dan hasilnya benar-benar kering dan dapat menampung makanan lebih banyak. Cocok untuk Anda yang memproduksi keripik, abon, peyek atau makanan ringan lainnya dalam jumlah besar.

Karena mesin spinner ini sendiri memiliki keunggulan seperti: Menghilangkan kadar minyak dengan cepat, mudah dioperasikan, daya listrik kecil, model meja dan desain minimalis, tidak goyang

Itulah cara untuk meniriskan minyak yang ada pada makanan, sehingga makanan menjadi lebih awet, renyah dan terasa bumbunya. Anda tinggal memilih, mau menggunakan cara yang mana :)