Berkembangnya teknologi informasi pada era moderen saat ini, membuat banyak anak muda mengesampingkan seni bahkan acuh kepada seni. Padahal suatu kebudayaan yang maju disebabkan karena seni pada masyarakat yang dihargai dan diapresiasi terutama oleh anak mudanya.

Untuk membahas perihal seni pada anak muda, Badan Ekekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Esa Unggul menggelar seminar yang bertajuk "Seni sebagai Bintang Pemandu Arah". Dalam seminar yang digelar di ruangan 811 ini, pembicara yang dihadirkan yakni Dr. Cand Sudibyo JS., M.Sn salah seorang Budayawan dan Seniman.

Advertisement

Menurut Cand penting sekali anak muda masa kini mengembangkan jati dirinya melalui seni, apapun seni yang didalami baik seni peran, teater, musik atau apapun yang masuk dalam katergori seni , anak muda dapat mengembangkan potensinya melalui unsur seni yang didalaminya.

Chand meneruskan pentingnya anak muda memperdalam seni agar mereka mampu menentukan peran apa yang cocok untuk dirinya ketika terjun di masyarakat. Seringkali anak muda saat ini sangat sulit menentukan peran apa yang cocok atau sesuai dengan jati diri dan keahliannya.

"Kebanyakan anak muda saat ini melakukan sesuatu berdasarkan ikut-ikutan saja, mereka tidak mengatahui peran apa yang seharusnya mereka lakukan. Hal ini berakibat anak muda saat ini tidak memiliki nilai kreativitas untuk mengkritisi terkait permasalahan sosial," terang Chand, di Jakarta Barat, Selasa (17/04/2018).

Advertisement

Dengan memperdalam seni, Chand menambahkan anak muda dapat meningkatkan kreativitasnya melalui kritik yang disampaikan secara lebih indah dan artistik. "Nah, seni di sini berperan untuk menambah manis kritik yang kalian resahkan semisal lewat puisi, lewat teater, lewat lagu semua inikan dapat berpotensi memberikan pencerahan dan menyadarkan masyarakat," ujarnya.

Chand berharap lewat seminar ini, mahasiswa Esa Unggul dapat bergelut dengan materi mengenai seni, karena seni itu harus dilakukan dan dialami bukan hanya dirasakan dan hanya menjadi wacana saja.

"Saya berharap para mahasiswa Esa Unggul dapat mempergunkan seni sebagai media untuk menyampaikan kegelisahan dan aspirasi yang terpendam agar mereka memiliki peran yang nyata kepada masyarakat. Karena orang sukses itu ialah orang memaksimalkan perannya di kehidupan nyata," tutupnya.

Seminar ini merupakan rangkaian dari acara SILATURUPA yang digelar oleh BEM Universitas Esa Unggul. Kegiatan Silaturupa sendiri dikemas dalam acara seni, musik, budaya, dan pendidikan kultural.

Berbagai kegiatan perlombaan, seperti Tari Kreasi, Tari Saman, Fotografi, Ilustrasi, dan Poster, juga akan diselenggarakan guna menjaring berbagai komunitas mahasiswa yang peka terhadap kehidupan seni dan budaya Indonesia.

Tidak hanya perlombaan, tetapi mereka juga menyajikan seminar dan workshop yang mengusung tema “Satukan Aksentuasi Budaya Indonesia”. Karya ini yang akan ditunjukan oleh anak bangsa untuk mewujudkan generasi Indonesia yang kreatif, inovatif, dan inspiratif.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya