Pentingnya Menjaga Kesehatan di Usia Muda

Menjaga Kesehatan di Usia Muda

Kesehatan adalah harta yang paling berharga bagi manusia. Jika tidak ada kesehatan yang terdapat dalam diri manusia maka manusia tidak akan bisa melakukan apa – apa. Untuk apa mempunyai harta yang berlimpah jika kita menikmatinya dengan keadaan yang sakit – sakitan?

Advertisement

Perlu kita ketahui bahwa, sebenarnya menjaga kesehatan diusia muda merupakan aset yang paling penting  yang harus kita simpan untuk masa tua nanti. Akan tetapi saat ini manusia masih belum menyadari hal tersebut.

Dapat kita lihat, penyakit sekarang sudah dapat menyerang kapan saja, dimana saja dan siapa saja tanpa memandang usia muda atau tua, laki – laki ataupun perempuan. Dirumah sekalipun kita juga dapat diserang oleh penyakit. Penyakit – penyakit tersebut bisa saja muncul dari makanan yang kita konsumsi, udara yang kita hirup, ataupun tertular dari orang lain.

Oleh karena itu ada baiknya jika dari usia muda kita sudah harus lebih memperhatikan kesehatan kita. Sehingga sebelum kita terserang penyakit kita sudah mengantipasi terlebih dahulu. Seperti kata pepatah “sediakan payung sebelum hujan”.

Adapun cara pertama yang dapat kita lakukan adalah dengan menjaga pola makanan yang sehat dan teratur. Hal tersebut merupakan cara sederhana yang dapat kita lakukan di kehidupan sehari – hari. Dengan tidak sering makan diluar dan memperbanyak konsumsi buah – buahan dan sayur – sayuran adalah cara yang untuk mencegah munculnya penyakit dalam tubuh kita. Ada baiknya jika mulai dari usia muda kita sudah dibiasakan mengkonsumsi makanan yang sehat dan kurangi makanan berminyak.

Tidak bermalas – malasan dan melakukan banyak aktivitas adalah cara kedua untuk mecegah munculnya penyakit didalam tubuh. Banyak melakukan kegiatan, baik kegiatan olahraga ataupun kegiatan sehari – hari dapat membuat tubuh kita lebih sehat dan susah untuk terserang penyakit.

Advertisement

Pada zaman sekarang,  manusia lebih memilih untuk bermalas – malasan dengan gadget mereka dibandingkan pergi olahraga ataupun melakukan aktivitas lainnya. Sehingga tidak salah jika manusia zaman sekarang mudah diserang oleh penyakit. Beda dengan orang zaman dahulu yang suka melakukan aktivitas. Sehingga dapat kita ketahui alasannya mengapa orang yang hidup di zaman dahulu lebih kuat dan awet muda dibandingkan orang yang hidup di zaman sekarang.

Cara yang terakhir adalah dengan menjaga pola tidur kita agar tetap teratur. Manusia seharusnya tidur maksimal 8 jam/hari agar tubuh tetap fit. Dikarenakan jika kita kekurangan waktu untuk tidur maka dapat memicu timbulnya penyakit yang akan menyerang di tubuh kita. Seperti obesitas, penurunan sistem imun, penuaan dini, depresi, berkurangnya daya ingat dan penyakit lainnya.

Di usia muda adalah usia dimana semua manusia sedang ingin menikmati hidup mereka. Mengkonsumsi makanan yang diinginkan adalah hal yang wajar. Akan tetapi, ada baiknya kita juga harus memikirkan bagaimana kondisi kesehatan tubuh kita di masa tua nanti. Tidak ada ruginya jika kita mulai menjaga  kondisi kesehatan kita dari masa muda sebelum mengalami suatu masa yang sudah sakit – sakitan. Sehingga ketika kita di masa tua, kita tinggal menikmati kesehatan yang sudah kita tanam di masa muda dulunya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE