Penggunaan Gadget Bisa Berdampak Positif dan Negatif, lho. Mulai Hati-Hati yuk!

Tetapi gadget juga bisa berbahaya jika tidak digunakan secara hati-hati lho! 

Zaman sekarang ini, perkembangan teknologi disekitar kita begitu pesat bukan? Salah satunya pada perkembangan di bidang teknologi dan komunikasi. Nah dalam teknologi komunikasi saat ini kita pasti sering mendengar istilah gadget kan yaa.

Advertisement

Gadget merupakan sebuah perangkat elektronik kecil yang mempunyai fungsi khusus. Gadget adalah alat yang dapat mempermudah kebutuhan manusia sehingga bisa menjadi lebih mudah dan praktis. Contoh dari gadget yang dapat kita temui yakni HP, laptop, dan netbook.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat akan berdampak besar pada penggunaan teknologi tersebut. Nah saat ini pengguna gadget dikalangan masyarakat saja sudah menjamur. Buktinya 67% dari jumlah penduduk di Indonesia berkomunikasi dengan gadget. Dan mungkin akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Gadget saat ini tidak hanya sekedar untuk chatting saja, tetapi juga untuk update status, posting di feeds Instagram, beli perlengkapan di online shop, pesan makanan, video call, pesan tiket, dan masih banyak lagi. Dengan adanya gadget, kini semua dipermudah bukan?

Tetapi gadget juga bisa berbahaya jika tidak digunakan secara hati-hati lho! Penasaran apa saja bahaya menggunakan gadget? Nah dibawah ini akan aku jelaskan mengenai bahaya menggunakan gadget secara berlebihan, dan yang terakhir bikin khawatir juga yaa

Resiko kegemukan

Advertisement

Sering menggunakan gadget membuat kamu malas untuk bergerak dan lebih senang duduk santai kan? Apalagi kalau ditambah ada camilan dan minuman yang segar. Tentu itu akan membuatmu lebih mager lagi. Dan jika kamu terlalu banyak makan camilan yang tinggi kalori maka akan menyebabkan berat badanmu meningkat lho readers.

Menyebabkan mata kering

Nah yang kedua ini dapat menyebabkan mata kamu tidak sehat readers. Jika mata kamu gatal dan letaknya selalu disitu, maka kemungkinan mata kamu sedang tidak sehat. Hal itu bisa jadi karena kamu terlalu sering menggunakan gadget yang menyebabkan mata menjadi kering karena adanya ketegangan pada mata kamu. Nah sebaiknya kamu lebih bisa mengatur kembali penggunaan gadget yaa.

Mengganggu waktu tidurmu

Jika kamu terlalu asyik menggunakan gadget, bisa membuat kamu lupa akan waktu lho. Terlalu asyik menggunakan gadget bisa membuat kamu tidak tidur hingga larut malam alias begadang.

Hal itu bisa dikarenakan terlalu asyik chatting-an sama teman, pacar, atau pun gebetan, atau terlalu asyik bermain games juga bisa membuatmu lupa akan waktu hingga begadang sampai larut malam dan membuat porsi tidurmu kurang. Padahal tidur merupakan cara tubuhmu beristirahat setelah kamu gunakan seharian.

Menyebabkan kanker

Kalau yang terakhir ini menakutkan juga ya. Gadget bisa menyebabkan kanker karena adanya radiasi yang dikeluarkan oleh gadget dan hal tersebut dapat menyebabkan leukimia, kulit teroid, kanker payudara, dan kanker perut. Nah sebaiknya kalian bisa lebih mengatur penggunaan gadget agar tidak merugikan diri kalian.

Jadi, gunakanlah gadget-mu sebaik mungkin yaa. Karna kamulah yang tau seberapa sering gadget-mu dipakai.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE