Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali suku-suku dengan keberagaman bahasa yag khas. sehingga ketika suku-suku tersebut saling berinteraksi, mereka mengguanakan bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi. oleh karena itu, bahasa Indonesia dinobatkan sebagai bahasa nasional yang digunakan oleh semua orang dari berbagai macam suku ketika berkomunikasi.

Advertisement

Dilansir dari situs Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, awal mula sejarah bahasa Indonesia yaitu lahir pada tanggal 28 Oktober 1928. dan pada saat itu para pemuda dari berbagai pelosok nusantara berkumpul dalam suatu ikatan dan berikrar, ikrar ini sampat sekarang dikenal dengan sebutan Sumpah Pemuda. adapun isi dari Sumpah Pemuda tersebut sebagai berikut:

Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Advertisement

Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Dari manakah Bahasa Indonesia berasal? Berdasarkan keputusan Kongres Bahasa Indoensia II tahun 1945 di Medan, mereka merayakan bahwa berdasarkan sejarah, bahasa Indonesia memiliki akar dari bahasa Melayu. Bahasa Melayu yang dipakai di daerah wilayah nusantara dalam pertumbuhannya dapat dipengaruhi oleh corak budaya daerah. Bahasa Melayu ini menyerap kosakata yang berasal dari berbagai bahasa di dunia, terutama dari bahasa sanksekerta, bahasa arab, bahasa persia, dan juga bahasa-bahasa eropa lainnya.

Advertisement

Keberagaman bahasa daerah di Indonesia membutuhkan satu bahasa sebagai bahasa persatuan, yaitu Bahasa Indonesia. Peran Bahasa Indonesia dalam membangun karakter anak bangsa untuk dapat menciptakan generasi yang cerdas dan berguna bagi negara Indonesia. oleh karena itu, bahasa Indonesia memiliki fungsi yang sangat penting dala penggunaannya sebagai bahasa yang digunakan sehari-hari dalam kehidupan. sehingga ketika dalam kehidupan bermasyarakat kita lebih menggunakan bahasa Indonesia dari pada bahasa asing. dan penggunaan bahasa Indonesia bagi anak-anak kecil harus dimulai sejak dini, orang tua pun harus mengenalkan bahasa Indonesia kepada anak-anak agar mereka dapat mempelajari Bahasa Indonesia sejak dini.

Melihat perkembangan bahasa yang semakin banyak berkembang dari zaman ke zaman. Bahasa Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, dan juga bernegara. Walaupun memiliki keberagaman bahasa, tetap bahasa Indonesia yang digunakan dalam komunikasi penghubung antara aspek dalam kehidupan sehari-hari. bahasa persatuan, bahasa Indonesia. dan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan antar suku ketika berkomunikasi dengan beragam suku-suku yang ada di Indonesia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE