Menuju New Normal, Destinasi Wisata di Kabupaten Boalemo Kembali Dibuka Loh!

Destinasi wisata pantai Bolihutuo kembali dibuka

Kabupaten Boalemo merupakan salah satu kabupaten di provinsi Gorontalo terletak antara 00o23 50 -00o55 40 LS dan 122o01 10 -122o39 25, dengan luas wilayah keseluruhan 2.300,90 Km2. Daerah ini berbatasan langsung dengan kabupaten Gorontalo di sebelah utara dan timur, Teluk Tomini di sebelah selatan, dan kabupaten Pohuwato di sebelah barat. Daerah ini terbagi menjadi 7 kecamatan dan 75 desa.

Advertisement

Kabupaten ini memiliki beragam wisata alam. Hal ini karena kondisi geografis wilayah yang berbatasan dengan laut sulawesi di sebelah utara dan Teluk Tomini di sebelah selatan. Di kecamatan Tilamuta terdapat tiga obyek tujuan wisata yaitu Pantai Indah Bolihutuo, Pulau Pasir Putih di depan Desa Bajo dan air terjun di Desa Ayuhulalo.

Dalam rangka  menuju new normal ini pemerintah kabupaten Boalemo mengambil sebuah kebijakan dengan membuka salah satu destinasi wisata yang sudah ditutup selama beberapa bulan yaitu wisata pantai indah Bolihutuo. Pembukaan wisata ini sebagai langkah pemerintah untuk mempertahankan kondisi pariwisata daerah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sesuai dengan keputusan kementrian kesehatan RI. Pantai Bolihutuo atau biasa dikenal dengan pantai Boalemo indah ini merupakan pantai yang sudah terkenal keindahannya oleh kalangan wisatawan. Pantai ini memiliki pemandangan yang mempesona dan menjadi salah satu destinasi andalan pemerintah Kabupaten Boalemo.

Keindahan Pantai ini ibarat seperti mutiara yang terhampar di pesisir Teluk Tomini. Gulungan ombak yang halus menyentuh bibir pantai menambah elok suasana alamnya. Hamparan pasir putih yang menyelimuti kawasan pantai Bolihutuo serta dihiasi rindangnya puluhan pohon pinus yang menjulang tinggi. Airnya yang berwarna biru menambah eksotis pantai ini. Wisata pantai Bolihutuo memiliki Keindahan yang masih sangat alami dan belum tersentuh oleh modernitas seperti di kota-kota lainnya. Pantai Bolihutuo juga menyediakan cottage, restoran, serta pusat informasi pariwisata. Pantai bolihutuo adalah alternatif pilihan yang tepat untuk di kunjungi pada akhir pekan bersama keluarga.

Adanya fasilitas yang mendukung wisata alam ini dalam memasuki era new normal harus dilengkapi dengan kebutuhan pendukung protokol kesehatan seperti penyediaan handsanitizer, tempat cuci tangan, menggunakan masker dan berusaha untuk menjaga jarak serta tidak membuat banyak orang berkumpul dalam satu tempat. Wisata alam yang dibuka harus menaati aturan pemerintah agar dapat mengurangi penyebaran virus COVID-19 di wilayah kabupaten Boalemo. Upaya-upaya ini dapat dilakukan sehingga nanti pengunjung merasa aman dan pemerintah itu sendiri tidak akan menerima dampak buruk dari keputusan yang telah diambil.

Untuk menuju pantai Bolihutuo ini, para wisatawan perlu menempuh perjalanan melalui jalan trans Sulawesi yang jaraknya sekitar 130 km dari pusat kota Gorontalo. Dari kota Gorontalo, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan sewaan untuk menuju pantai Bolihutuo.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE