Menumbuhkan Perilaku Altruisme dengan Mengikuti Kegiatan Volunteering

perilaku altruisme

Sebelumnya ada yang sudah pernah dengar kata ”Altruisme”? Mungkin kata ini masih terdengar asing di telinga sebagian orang. Altruisme sendiri adalah perilaku yang bertujuan menguntungkan (membantu) orang lain, yang dimotivasi oleh rasa empati “murni” seseorang dan keinginan memberi manfaat bagi orang lain, terlepas dari keuntungan pribadi (Batson, 1991; Batson, Ahmad, & Lishner, 2009; Cialdini et al ., 1978).

Advertisement

Perilaku altruisme merupakan perilaku yang bersifat positif dan bermanfaat bagi diri sendiri dan bagi sesama. Nah, cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan perilaku altruisme salah satunya dapat dilakukan melalui pendekatan berbasis egotisme yaitu dengan mengikuti kegiatan sukarelawan (volunteering). Mengikuti kegiatan sukarelawan dapat meningkatkan rasa empati pada diri kita loh. Banyak sekali manfaat yang didapat dari mengikuti kegiatan sukarelawan, diantaranya, kita dapat membantu orang yang membutuhkan, memberi manfaat dan berbagi ilmu dengan sesama, menjalin banyak relasi baru, dan sudah pasti menumbuhkan sikap altruisme pada diri kita. Bahkan, ada beberapa kegiatan volunteering yang memberikan imbalan bayaran bagi relawan yang ikut, sehingga relawan (volunteer) dijadikan profesi oleh sebagian orang.

Manfaat yang didapat dari kegiatan volunteering yang diikuti diatas juga sejalan dengan manfaat (personal benefits) dari perilaku altruisme, yaitu dapat membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih menyenangkan, terbuka terhadap pengalaman baru, lebih jujur, serta rendah hati.

Yuk, mulai sekarang kita tingkatkan rasa empati kita untuk kemudian menumbuhkan perilaku altrusime pada diri kita, bisa dengan cara ikut kegiatan sukarelawan. Saat ini banyak sekali informasi di media sosial mengenai berbagai komunitas sukarelawan yang bisa kita ikuti, tapi kita tetap harus selektif dalam memilih mana kegiatan yang benar-benar memiliki tujuan yang baik dan sejalan dengan niat kita. Walaupun saat ini kegiatan kita dibatasi karena sedang pandemi, jangan khawatir, karena ada kok kegiatan volunteering yang bisa dilakukan dari rumah secara daring, yaitu menjadi relawan yang memberikan berbagai informasi bermanfaat kepada masyarakat melalui media sosial.

Advertisement

Banyak komunitas yang membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin menjadi relawan dalam memberikan informasi bermanfaat di platform media sosial. Tidak ada salahnya kita ikut kegiatan sukarelawan, karena ”Sebaik-baik manusia, adalah mereka yang bermanfaat bagi sesama”, tapi jangan lupa, tetap harus peduli dengan diri sendiri juga ya.

Semoga bermanfaat

Sumber Referensi :

Lopez, S.J., Pedrotti, J.T., Snyder, C.R. (2015) Positive Psychology : The Scientific and Practical Explorations of Human Strengths 3rd Edition. USA. SAGE Publications

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE