Menyambangi Jembatan Gantung Terpanjang se-Asia Tenggara

rekomendasi tempat wisata di Sukabumi

Kita sebagai warga Indonesia seharusnya patut bangga akan hal ini, yang penulis maksudkan adalah jembatan Situgunung yang terletak di Sukabumi, Jawa Barat. Jembatan gantung ini mempunyai panjang 243 meter, lebar 1,8 meter dan di ketinggian 121 meter di atas permukaan tanah. Dengan ukuran itu, jembatan tersebut dinobatkan sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Jembatan ini merupakan salah satu destinasi favorit di Jawa Barat, akses yang mudah untuk menjangkau tempat wisata ini membuat jembatan Situgunung tidak pernah sepi pengunjung, dan juga lokasi yang tidak terlalu jauh dari kota Jakarta dan Bogor menjadikan jembatan ini sebagai destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi di akhir pekan.

Advertisement

Jembatan ini dikelola oleh warga setempat, lebih tepatnya TNGGP( taman nasional gunung gede pangrango). TNGGP ini di tujukan untuk bertanggung jawab untuk mengelola dan menjaga semua keindahan alam yang berada di sekeliling taman nasional gunung gede pangrango atau TNGGP. Warga setempat pun sangat ramah seolah-olah menyambut kedatangan kita kesana, karena mereka tampak senang apabila pengunjung ramai berdatangan. Mereka akan mendapat keuntungan yang berlebih apabila pengunjung yang datang ramai.

Untuk memasuki Kawasan wisata tersebut anda harus merogoh kocek sebesar 50.000, mungkin harga ini bisa dibilang cukup mahal karena kita hanya ingin melewati jembatan saja tetapi harus mengeluarkan uang sebesar 50.000. Tapi ternyata, bukan hanya jembatan yang dapat kita nikmati, di dalam nya ternyata terdapat pemandangan-pemangangan alam lainnya seperti curug, danau dan suasana hutan yang damai dan tentram yang tidak bisa kita dapatkan di kota. Ditambah kita bisa melihat lutung yang dimana hewan ini merupakan hewan yang sangat terjaga karena sudah hampir punah.

Di dalam Kawasan wisata ini juga terdapat kawasan glamping (glamour camping), di dalam glamping ini kalian akan merasakan sensasi tinggal di alam bebas tetapi dengan keadaan aman dan nyaman. berbeda dengan camping-camping pada umumnya, glamping ini seperti memberikan rumah di tengah hutan. Jadi kita bisa merasakan sensasi tinggal di alam terbuka tetapi dalam keadaan aman dan nyaman, tetapi kita harus menambah kocek untuk merasakan glamping ini.

Advertisement

Bagi orang yang takut dengan ketinggian, kalian tidak perlu khawatir. Jembatan Situgunung ini dijamin aman, karena kayu yang digunakan untuk membuat jembatan ini adalah kayu ulin dari Papua atau kayu besi. Kayu ulin ini dipilih karena memiliki beberapa kelebihan. Di antaranya, kayu ulin ini lebih tahan perubahan suhu dan kelembapan, berat dan keras, serta tidak mudah dimakan rayap.

Dan juga jembatan Situgunung ini hanya boleh dilewati 40 orang disaat bersamaan, sehingga keseimbangan dan keamanan jembatan ini akan tetap terjaga. Dan juga kita akan diberikan semacam sabuk untuk berjaga-jaga, apabila suatu saat jembatan ini mengalami keruntuhan sabuk ini akan dikaitkan di pegangan jembatan untuk menjamin keamanan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE