Menyebar Kebahagiaan dengan Pujian

Melihat orang bahagia itu indah sekali, apalagi bahagia karena kita.

Melihat orang bahagia itu indah sekali, apalagi bahagia karena kita. Tak usah bahagia diberikan kado atau perhiasan, diberikan pujian walau hanya beberapa kata memberikan efek positif seperti kebahagiaan bagi orang disekitar kita. Pujian positif yang kita berikan kepada orang itu adalah sumber kekuatan karena kekuatan itu akan disebar lagi dengan kekuatan penuh cinta (Spread love) kepada orang yang lain. Jadi perkataan kepada satu orang bisa menyebar ke seribu orang.

“Hari ini warna baju mu Cantik sekali”, “Liptick mu hari ini bagus bgt warnanya! Baru ya?”, “Rambut mu hari ini rapih sekali”. Memuji sisi luar seseorang memang sering diucapkan karena mungkin itu yang paling mudah karena terlihat oleh mata. Biasa memuji sisi luar seseorang tidak hanya dilakukan saat bertatap muka tetapi juga melalui social media seperti Instagram, kita bisa mengirim komentar pada foto seseorang.

Advertisement

Komentar di colom Instagram juga nggak harus kata kata, bisa dengan emoji berbentuk ‘love’ , ‘bintang’, ‘fire’ dll. Emoji yang mengartikan sesuatu yang baik pasti akan menghasilkan efek positif. Dalam penggunaan emoji kita juga harus berhati hati karena ada beberapa emoji yang dilarang digunakan dalam kolom komentar, karena nanti akan merugikan si pemilik akun.

Memuji kecantikan, ketampanan seseorang memang sering dilakukan. Cobalah memuji dari sisi lain yang dapat memberikan efek positif juga, misalnya dari pola pikir atau tata krama, sopan santun, problem solving, dll. “Tadi tanggapan kamu bagus sekali”, “Saya setuju dengan pendapat kamu, kamu pintar”.

Memuji dalam sisi lain dalam seseorang memberikan kekuatan kepada orang tersebut, akan menjadi sebuah kebanggan tersendiri dengan itu sikap tersebut akan terus melekat pada dirinya karena memberikan sesuatu yang baik. Memuji anak kecil sejak dini pun sangat membantu tumbuh kembang anak karena dengan terus memberikan pujian “good boy/good girl” ,“that’s my baby girl/Babyboy” itu memberikan efek positif kepada anak agar tidak pantang menyerah karena lingkungan mendukungnya.

Advertisement

Memuji itu gratis tapi hadiahnya adalah efek positif bagi yang dipuji dan yang memuji, plus pahala juga. Mulailah dari orang orang terdekat walaupun terkadang pujian hanya sebatas candaan tetapi tujuan kita adalah memuji dengan tulus.  Orang yang sering memuji seseorang sering kali dikira “ingin medapat balasan” dilain waktu atau ada yang menyangka kalau orang yang sering memuji insecure pada dirinya sendiri. Insecurity adalah bagaimana manusia cendurung kurang menyadari kelebihannya sendiri dibanding orang lain. Sebenarnya memang ada yang memuji orang lain karena memang ia insecure pada dirinya sendiri tetapi itu hanya sebagian kecil saja tetapi dengan  memuji, merupakan sebuah obat insecure tersebut.

Jangan memendam pujian dengan alasan takut orang yang dipuji “kepede-an”. Pede kepanjangan Percaya diri, dengan pujian tersebut membuat orang lain membangun rasa percaya dirinya. Jadi kalau ingin memuji katakan saja, karena saat kita memuji kita tidak akan merasa kekurangan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE