Merasa Nggak Enakan Itu Tidak Baik untuk Diri Sendiri. Belajarlah untuk Mencintai Dirimu!

Menjadi orang ga enakan itu bukannya untung malah buntung. Karenanya orang tipikal ini lebih mengutamakan kebahagiaan orang lain daripada diri sendiri dan memilih untuk membatin. Bahkan, ia rela melakukan pekerjaan apapun agar orang lain tidak termanyun.

Advertisement

Saya pribadi termasuk ke dalam people pleaser atau orang ga enakan. Saya mulai menyadari hal tersebut saat saya beranjak dewasa dari fase remaja. Ketika dewasa pastinya kita dituntut untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain.

Berinteraksi dengan orang lain itu tidak mudah, sebab semua orang pasti memiliki ciri dan sifatnya masing-masing. Misalnya seseorang memiliki sifat egois, sifat keras kepala, sifat pemalas, sifat ambisius, sifat perduli ke sesama, bahkan sifat ramah. Dari banyaknya sifat itu, tentunya tidak semua orang satu frekuensi dan cocok dengan kita.

Lantas jika seseorang tidak sefrekuensi, maka ada kemungkinan akan berbeda pendapat dalam hal apapun. Dari perbedaan frekuensi dan perbedaan pendapat, tentu akan timbul rasa ga enakan ketika berkomunikasi dengan orang lain.

Advertisement

Apakah kalian memiliki pengalaman dimintai jawaban tugas oleh teman sekelas? Pasti pernah lah ya, nah saya pun pernah mengalami hal itu. Saat itu, tugas yang diberikan adalah pelajaran Kimia dan saya lumayan bisa untuk mengerjakan soalnya.

Teman sekelas saya, panggil saja Ridho, berkata ''Hei, sudah selesai belum tugas Kimia yang sepuluh soal itu?'' ucap Ridho kepada saya. Saya menjawab ''sudah dong''. Dengan gampanganya Ridho berkata ''Wih, bolehlah liat semua jawabannya kan kita teman. Sesama teman ga boleh pelit nanti kuburannya sempit''.

Advertisement

''Sudah minta jawaban, eh disumpahin pula. Kerjain sendiri kek'' batinku. Akan tetapi, ucapan yang keluar dari mulut saya yaitu ''iya boleh''. Ya memang sangat bertolak belakang dengan isi hati saya karena saya merasa kasihan dan malas untuk beradu mulut dengan Ridho.

Sebenernya boleh kok untuk minta jawaban ke teman, tetapi mintalah dengan baik-baik dan jangan menyumpahi si pemberi dengan kalimat yang kurang pantas. Kan kita tidak tahu perasaan orang itu sedang baik atau tidak. Bisa saja secara tidak langsung melukai hatinya walaupun sekadar bercanda

Selain itu, si peminta juga harus tahu diri jika meminta sesuatu ke orang lain dan jangan manfaatin teman kalian dengan embel-embel kan kita teman. Tak lupa untuk mengucapkan kata ‘terima kasih’ sebagai bentuk adab dan apresiasi kepada pemberi. Walaupun kata ‘terima kasih’ itu sederhana, tetapi kata ini mengandung banyak makna.

Lagi pula daripada menyalin semua jawaban temannya, lebih baik untuk minta tolong diajarkan saja oleh teman yang lebih paham. Hal ini akan berguna untuk kedua belah pihak karena sama-sama diuntungkan dan tidak dirugikan.

Lalu, penyebab timbulnya perasaan ga enakan itu terjadi karena tidak ada rasa percaya diri untuk berani menyuarakan pendapat dan tidak ada keberanian untuk berkata ‘tidak’. Berkata ‘tidak’ saat orang lain meminta bantuan itu bukan perbuatan yang jahat, karena kita harus mendahulukan kemauan diri sendiri terlebih dahulu baru memenuhi permintaan orang lain.

Penyebab selanjutnya yaitu orang dengan perasaan ini biasanya berpikir bahwa kebaikannya pasti akan dibalas suatu hari nanti. Maka dari itu ia tidak pernah menolak permintaan orang lain sekalipun ia tidak menyukainya.

Selain itu, sifat ga enakan tentu memiliki nilai positif dan juga nilai negatif. Dari sisi positif kita bisa belajar untuk tidak melukai hati orang lain, belajar berbagi, dan turut membantu jika orang lain membutuhkan pertolongan.

Sedangkan jika dilihat dari sisi negatif bisa membuat diri sendiri kesusahan karena tidak berani menolak, perasaan tidak ikhlas saat permintaan seseorang yang tidak sejalan dengan hati sendiri, dan juga merasa dimanfaatkan oleh teman yang tidak tahu diri karena selalu mengiyakan permintaanya.

Menghilangkan perasaan ga enakan itu tidak mudah. Akan tetapi, perasaan ini bisa hilang asalkan dalam diri kita ada kemauan untuk berubah dan ingatlah bahwa dimana ada keinginan pasti ada jalan. Lalu, bagaimana cara yang untuk mengubah perasaan ga enakan?

Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu berani untuk mengatakan kata ‘tidak’. Jangan membebani diri sendiri atas apa yang tidak bisa kamu lakukan hanya karena ‘rasa ga enakan’ mu kepada orang lain. 

Cara selanjutnya, mulai mengenali diri sendiri. Untuk mengenali diri sendiri kita harus bisa mengetahui mana yang terbaik untuk diri kita. Lalu, ikutilah kata hatimu agar diri kamu tidak merasa tertekan.

Kemudian cara yang tidak boleh dilewatkan adalah mencoba berani untuk memberikan pendapat kepada orang lain. Melalui keberanian ini tentu kamu akan merasa lebih lega karena sudah berani mengeluarkan apa yang hatimu ingin sampaikan.

Nah tentunya perasaan ga enakan itu kurang baik untuk diri sendiri, maka alangkah baiknya untuk mencoba berubah agar dapat membahagiakan diri sendiri. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE