#MimpiMasaMuda–Jangan Hanya Ambisius Mengejar Mimpi, Tapi Kamu Juga Perlu Jenius Melakukan Self-Care!

Peran self care dalam mendukungmu untuk mewujudkan mimpi

Sikap peduli terhadap diri sendiri atau self care adalah hal yang harus kamu miliki ketika kamu mempunyai sebuah impian yang ingin kamu wujudkan. Saat kamu ambisius dalam melakukan berbagai hal untuk meraih mimpimu tanpa melakukan self care, sama halnya kamu menyakiti dirimu sendiri karena kamu hanya menghabiskan energi tanpa memberikan asupan nutrisi bagi tubuh. Bukankah hal itu hanya akan berdampak buruk bagi kesehatanmu?

Advertisement

Ingat ya, kalau sudah sakit kamu dituntut untuk tidak banyak melakukan aktivitas, lho. Nah, hal itu pasti akan menjadi hambatan dalam proses mewujudkan mimpimu. Nah, oleh karena itu, kamu nggak boleh hanya ambisius dalam mewujudkan mimpi tapi kamu juga harus jenius dalam melakukan self care untuk mendukung kamu meraih #MimpiMasaMuda!

Kalau ditanya soal impian, tentunya setiap orang memiliki mimpinya masing-masing, termasuk aku. Aku adalah orang yang ambisius dalam mengejar apa yang menjadi keinginanku. Ketika aku punya mimpi, sebisa mungkin akan aku wujudkan. Namun, dibalik aku yang ambisius ini, aku bukan tipe orang yang jenius dalam memperhatikan kondisi kesehatanku, terutama perihal pola makan. Terlalu sibuk belajar demi meraih mimpi, membuat aku sering melupakan waktu makan. Kalau makan pun aku sering tidak memperhatikan asupan nutrisi yang bergizi untuk tubuh.

Hal itu membuat orang-orang di sekitarku banyak yang berkomentar tentang tubuhku yang terlihat kurus dan mengasumsikan bahwa hal itu dikarenakan aku jarang makan dan tidak mengonsumsi sayuran serta buah-buahan. Waktu itu, aku masih bodo amat karena selagi aku merasa ‘sehat’ aku tidak perlu mengkhawatirkan kondisi tubuhku yang kurus. Lagi pula, dari dulu memang aku memiliki badan yang kurus. Walaupun makanku banyak, tubuhku tetap tidak bisa gemuk. Jadi, ketika banyak omongan negatif orang tentang tubuhku, aku tidak ingin mengambil pusing. Kenapa harus memedulikan omongan negatif orang tentang tubuh kita selagi kita sendiri merasa nyaman dengan apa adanya diri kita?

Advertisement

Seiring berjalannya waktu, aku mulai merasa tersiksa sendiri ketika aku terlalu sibuk beraktivitas tetapi lupa untuk memberi asupan gizi pada tubuhku. Aku mulai merasakan dampaknya, salah satunya adalah siklus haid yang tidak teratur. Aku sering banget telat haid seminggu, dua minggu bahkan hingga satu bulan sampai harus diperiksa oleh dokter dan diberi obat. Kata dokter, semua ini akibat pola makanku yang tidak teratur dan tidak seimbang. Hal itulah yang menyebabkan hormon tidak dapat berfungsi dengan baik.

Kesadaranku akan pentingnya menjaga pola makan yang sehat semakin meningkat setelah aku mengalami kejadian buruk ketika aku sedang haid. Saat haid berlangsung, mungkin sudah menjadi hal yang wajar bagi kita para perempuan merasakan nyeri pada perut yang luar biasa. Pada waktu itu di tengah aktivitasku menjalani kesibukan, tubuhku tiba-tiba terasa lemas dan mengeluarkan keringat dingin yang begitu banyak. Rasanya aku hampir pingsan karena tidak kuat berdiri dan perut terasa ingin muntah. Aku berpikir bahwa gejala yang aku alami ini mengarah pada anemia. Jika memang iya, hal itu tentunya sangat membahayakan sekali.

Advertisement

Bicara soal anemia, ada satu peristiwa dalam hidupku yang mengingatkanku akan bahaya yang ditimbulkan oleh anemia. Peristiwa itu terjadi di tahun 2018 ketika aku harus kehilangan bapakku karena penyakit leukemia yang dideritanya. Gejala yang dialami bapak pada awalnya merasakan tubuhnya yang lemas, pucat, sakit kepala, dan tidak doyan makan. Setelah diperiksa dokter, ternyata bapak mengalami kekurangan kadar Hemoglobin di dalam tubuhnya sehingga menyebabkan bapak harus menjalani transfusi darah merah. Peristiwa itu berlangsung selama hampir 4 tahun sampai pada akhirnya leukemia ini merenggut nyawa bapak. Padahal sudah banyak cara yang keluargaku lakukan untuk bapak agar meningkatkan kadar darah merah di tubuhnya, seperti mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan asam folat, mulai dari sayur-sayuran, buah-buahan, hingga Tablet Tambah Darah (TTD). Namun, takdir berkata lain, nyawa bapak tetap tidak tertolong.

Kepergian bapak ini benar-benar membuka mataku akan pentingnya menjaga kesehatan untuk mencegah terjadinya penyakit yang tidak diinginkan, seperti anemia. Anemia tentunya bisa terjadi jika terlalu lelah menjalani aktivitas namun tidak memberi asupan makanan bagi tubuh. Mungkin hari ini kamu masih merasa sehat walaupun sering mengabaikan waktu makan dan asupan nutrisi, namun kamu tidak pernah tahu bagaimana dampak dari hal buruk itu untuk esok hari atau masa depan. Seperti halnya mengabaikan gejala anemia, kalau tidak diperhatikan bisa berujung dengan penyakit yang mematikan. Nah, oleh karena itu penting banget nih buat kamu para pejuang mimpi untuk jenius dalam melakukan self care.

Salah satu self care yang bisa kamu lakukan adalah teratur menjaga pola makan bergizi dan seimbang tentunya dengan memperhatikan kandungan zat yang diperlukan oleh tubuh. Seperti karbohidrat, protein, lemak, hingga vitamin. Sebagaimana anjuran Kementrian Kesehatan tentang “Piring Makanku” di mana kamu disarankan untuk makan tak hanya sekadar kenyang tapi usahakan separuh bagian piring makan berisi buah dan sayuran, separuhnya lagi berisi karbohidrat dan protein. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lagi akan kekurangan gizi. Selain menjaga pola makan sehat, self care juga bisa kamu lakukan dengan rajin berolahraga dan istirahat yang cukup. Nah, dengan beberapa self care yang kamu lakukan ini pastinya akan mengembalikan energimu untuk lebih semangat lagi dalam meraih impian kamu!

Yuk, #SehatSamaSama untuk mewujudkan #MimpiMasaMuda !

#SehatSamaSama #MimpiMasaMuda #HipweexNI

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seseorang yang gemar berbagi cerita lewat aksara.

CLOSE