Mulailah Berdamai dengan Diri Sendiri Karena Kebahagiamu Adalah Hal yang Kau Ciptakan Sendiri

Bahagia itu sederhana, tak perlu memiliki segalanya untuk bahagia.

Berdamai dengan diri sendiri berarti menyayangi, mengasihi dan menerima diri kita dengan sepenuhnya serta tidak memandang semua kekurangan dan kesalahan yang dimiliki sebagai alat untuk menghakimi diri sendiri sampai-sampai merasa tidak layak. Karena terkadang, solusi terbaik semua masalah adalah cukup berdamai dengan diri sendiri. Maka selesai sudah semua masalahnya.

Advertisement

Berkomunikasi dengan orang lain yang berasal dari luar diri kita merupakan hal yang biasa. Tetapi sudahkah kita memberi waktu untuk berkomunikasi dengan diri sendiri?. Ingatlah nasihat indah ini, sumber kebahagiaan sejati ada di hati kita sendiri. Tidak perlu mencarinya di hati orang lain. Untuk kalian yang masih belum bisa berdamai dengan diri sendiri, ini alasan kenapa kamu harus berdamai dengan diri sendiri.

Pada dasarnya, semua manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Hanya saja yang membedakannya adalah pada mau atau tidaknya kita berdamai dengan diri sendiri ketika melakukan kesalahan dan tidak mengulanginya kembali. Bisa jadi, saat kita melakukan kesalahan, suasana hati kita sedang tidak enak atau tidak sepenuh hati melakukannya. Hal itu merupakan hal pasti yang pernah dilakukan semua manusia karena tidak ada dari kita semua yang luput dari kesalahan.

Selama menjalani kehidupan, tentunya kita pernah mengalami kegagalan atau sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan dan harapan. Tanpa disadari, kita selalu menyalahkan diri sendiri atas segala hal yang telah terjadi, sehingga kita akan cenderung menyakiti diri kita sendiri. Tetapi  pahamilah bahwa kunci utama untuk menjalankan  kehidupan ini terletak pada kedamaian hati. Saat kita mampu berdamai, maka saat itu kita telah memenangkan seluruh pertempuran karena pertempuran yang sesungguhnya adalah dengan diri kita sendiri.

Advertisement

Ada kalimat mengatakan bahwa kita bisa menerima dan memaafkan kesalahan orang lain ketika kita bisa menerima diri sendiri. Menerima diri sendiri berarti kita dapat memahami dan menerima kelebihan dan kekurangan dalam diri kita. Karena saat kita dapat menerima semuanya itu, kita bisa berdamai dengan diri sendiri. Maka berdamailah dengan diri sendiri agar kita dapat dengan mudah menerima dan memaafkan kesalahan orang lain.

Setiap manusia diciptakan dengan berbagai perbedaan dan keunikannya masing-masing. Diantara semua manusia yang hidup, tidak ada satu pun di antaranya yang sama persis dengan diri kita. Maka dari itu kita tidak perlu berkeluh kesah dan berusaha untuk sama dengan orang lain. Tetapi tetaplah menjadi diri sendiri, terimalah dirimu sebagaimana Tuhan yang selalu menerima diri kita sebagai manusia yang penuh dengan kesalahan. 

Bahagia itu sederhana, tak perlu memiliki segalanya untuk bahagia, cukup jadikan apa yang sudah kita miliki saat ini sebagai alasan untuk bahagia. Jika kita dapat mengubah cara pandang terhadap diri sendiri, maka kita telah menjadi orang yang luar biasa.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE