Musik Keras Punya Cerita, yang Mungkin Tak Semua Bisa Paham Artinya

Di balik itu, lirik-liriknya tertulis kisah-kisah loh!

Bicara mengenai musik, apakah masih ada orang yang tidak kenal dengan seni seperti musik? Sangat kecil kemungkinan ada orang yang tidak kenal dengan musik. Karena setiap individu sudah diberikan indera pendengaran. Dan akan menjadi sesuatu yang aneh jika ada orang yang bahkan tidak pernah mendengar alunan nada.

Di zaman yang sudah modern ini, musik seperti sudah menjadi teman bagi setiap individu. Karena musik dapat menghilangkan kesepian dan kejenuhan bagi para pendengar musik tersebut. Bahkan bisa saja seseorang tidak pernah lepas dari musik favoritnya.

Advertisement

Untuk sekarang ini perkembangan musik semakin menarik perhatian. Karena mulai munculnya musisi-musisi muda yang dapat menciptakan musik serta lagu yang sangat nyaman untuk didengarkan oleh siapapun. Lagu yang diciptakan pun dapat mengobati perasaan yang dirasakan oleh pendengar musik tersebut. Genre musik sendiri berbeda-beda pada setiap band yang membuat lagu tersebut. Genre musik biasanya tergantung dari branding dari bandnya. Setiap band memiliki ciri khas sendiri dalam menciptakan sebuah lagu. Entah dari genre, cara menyanyikan, dan lain sebagainya. Yang jelas, setiap band pasti ingin pesan dari lagu yang dinyanyikan sampai ke pendengarnya.

Beberapa genre musik yang sangat dikenal oleh semua masyarakat diantaranya pop, jazz, rock, blues, country, metal, hip-hop, RNB, hardcore, dangdut, dan masih banyak lagi. Dan setiap band setidaknya memiliki 1 ciri khas genre dari banyaknya genre musik yang ada.

Setiap lagu dalan genre apapun pasti ada pesan yang ingin disampaikan kepada pendengar dari musik tersebut. Bahkan tanpa disadari, musik dengan genre rock, metal, dan hardcore yang dinyanyikan dengan teknik vocal seperti scream atau growl, itu tetap memiliki pesan dalam lirik dari lagu tersebut. Tidak setiap orang nyaman dengan genre musik seperti rock, metal, dan hardcore ini. Karena bagi orang yang tidak nyaman dengan genre ini, merasa genre musik ini seperti hanya teriak-teriak dan dibarengi dengan musik yang keras. Yang menurut mereka kurang dapat dinikmati. Karena suara vocalist dari band dengan genre musik seperti itu dirasa kurang jelas saat menyanyikan lirik lagunya.

Bagi sebagian orang, musik dengan genre seperti metal, rock, dan hardcore atau musik-musik keras ini dapat membangkitkan semangat bagi yang memang menyukai dan nyaman dengan musik keras ini. Dan bagi sebagian orang ini musik keras ini, bahkan memiliki pesan yang lebih mendalam daripada lagu-lagu yang dinyanyikan dengan tempo yang lebih lambat. Apakah kalian setuju, jika musik keras ini memiliki pesan yang mendalam?

Advertisement

Bagi saya pribadi, musik dengan genre ini memang memiliki pesan didalam lirik lagunya. Memang cara mereka menyanyikannya dengan cara yang tidak seperti genre musik dengan tempo yang pelan. Karena musik keras ini, menurut pandangan saya seperti memberikan semangat bahwa setiap masalah tidak selalu harus dihadapi dengan kesedihan. 

Salah satu contoh band dengan genre musik keras yang menurut saya lagunya memiliki makna sangat dalam adalah band Bring Me The Horizon. Lagu yang memiliki pesan yang mendalam diantaranya berjudul Drown, True Friends, dan Sleepwalking. Lagu dengan menggunakan judul Drown yang artinya tenggelam, memiliki pesan bahwa seseorang pasti membutuhkan bantuan orang lain untuk terus bertahan hidup dengan berbagai masalah yang ada. Pesan itu terdapat dalam lirik bagian reffnya.

Jadi, bagi kalian yang mungkin kurang menyukai genre musik keras ini, jangan menganggap musik dengan genre metal, rock, ataupun hardcore dan lainnya, hanya seperti menyanyi dengan berteriak. Tapi, cobalah baca lirik dari lagu-lagu dengan musik keras ini. Musik keras ini juga memiliki cerita dan pesan dari lagu yang mereka nyanyikan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE