Buka puasa identik dengan minuman yang menyegarkan untuk menghilangkan dahaga setelah seharian menahan haus dan lapar. Berbagai minuman dijajakan penjual takjil di setiap sudut jalan. Mulai dari kolak pisang, es buah, sampai pisang ijo semuanya menggoda untuk dicoba. Namun, ketiga minuman tersebut pasti sudah sering kalian coba.

Nah, supaya buka puasamu kali ini berbeda, kamu bisa mencoba resep dari Hipwee Community yang satu ini. Minuman untuk berbuka puasa anti mainstrem ini yaitu minuman tradisional berbahan dasar kayu secang, minuman yang mungkin agak asing di telingamu. Namun, taukah kamu? Secang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho!

Advertisement

Kayu yang banyak tumbuh di berbagai daerah di Indonesia ini setidaknya memiliki 10 manfaat, yaitu menangkal radikal bebas, penyerapan vitamin C, antibiotik alami, menyehatkan dinding usus, menghentikan pendarahan, mengobati diabetes tipe 2, meningkatkan stamina, mengatasi masalah obesitas, mengobati masuk angin, dan mengobati sakit perut. Bagian yang bisa dimanfaatkan dari tanaman ini yaitu serutan kayunya. Penasaran ingin mencobanya? Yuk ikuti resep berikut!

Bahan-bahan:


  1. 7 serut kayu secang

  2. 2 ruas jahe

  3. 1 serai

  4. 1 gula aren

  5. 1 batang kayu manis

  6. 2 buah cengkeh

  7. 4 gelas air

  8. Es batu secukupnya

Advertisement

Cara membuat:


  1. Geprek jahe yang sudah dipanggang;

  2. Masukkan semua bahan ke dalam panci;

  3. Masak menggunakan api sedang hingga mendidih dan air berubah warna menjadi kemerahan;

  4. Jika ingin diminum dalam kondisi hangat, secang sudah bisa disajikan. Jika ingin diminum dalam kondisi dingin, secang harus didinginkan terlebih dulu kemudian bisa ditambah dengan es batu sesuai selera.

Warna kemerahan dari secang akan menambah cantik penyajian dan tentu saja menambah gairah untuk cepat-cepat meminumnya. Yuk dicoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya