Nikmatnya Nasi Tumpang Pecel Khas Kabupaten Sragen

Kenikmatan tiada tara makanan khas Kabupaten Sragen.

Tumpang pecel merupakan sebuah makanan tradisional yang banyak diburu oleh pecinta kuliner diberbagai daerah. Salah satunya adalah makanan khas dari Kabupaten Sragen yaitu tumpang pecel ini.

Advertisement

Keunikan masakan ini karena menggunakan bahan utama yaitu tempe yang sudah mau busuk (semangit) dan tempe yang sudah matang. Mungkin bagi kalian yang asing maka akan terdengar sedikit aneh dan berpikir kenapa bisa tempe yang sudah mau busuk dijadikan sebuah bahan utama sebuah makanan, tapi jangan pernah berpikiran aneh dulu kalau kalian belum menikmatinya secara langsung. Tempe dari Kabupaten Sragen ini rasanya berbeda jika dibandingkan dengan tempe di Jawa Barat.

 

Tumpang pecel ini enaknya di makan dengan nasi berpasangan dengan rebusan daun kenikir, pepaya dan bayam serta kecambah pendek , peganganya dengan krupuk karak (krupuk gendar) apa lagi masih hangat dan pedas.

Advertisement

 

Tumpang pecel disetiap daerah Jawa Tengah berbeda, ada bahan yang harusnya ada di daerah lain tapi di daerah lainya lagi tidak di pakai, contonya kencur di daerah Sragen gak di pakai. 

Advertisement

Banyak juga penjual tumpang pecel di Kabupaten Sragen yang menyediakan kering tempe sebagai ganti daun papaya, karena tidak sedikit juga orang yang tidak suka daun papaya karena menganggap daun pepayanya masih pahit.

 

Nasi tumpang pecel di Sragen biasanya dibandrol dengan harga sekitar Rp. 5.000 – Rp. 7.000. Dengan harga yang terbilang cukup murah ini pasti sudah membuat perut kita menjadi kenyang dan tidak terlalu menguras kantong untuk makanan selezat ini.

 

Untuk kalian yang berada diluar Kabupaten Sragen atau belum bisa pergi ke Kabupaten Sragen, maka saya akan kasih cara pembuatan tumpeng pecel khas Kabupaten Sragen ini, agar kalian bisa membuatnya sendiri dirumah.

 

Ini dia cara membuat tumpang pecel khas Kabupaten Sragen :

1. Sambel tumpang : rebus tempe, santan, daun salam, lengkuas, daun jeruk, dan bumbu halus hingga mendidih.

2. Masukkan tahu, garam,merica bubuk, dan gula merah. Aduk rata.

3. Masak sambil diaduk sampai matang dan sedikit kental.

4. Bumbu pecel: haluskan kacang tanah bersama bumbu halus. Tambahkan air asam dan air panas. Aduk hingga tercampur rata.

5. Tata nasi, bayam, kacang panjang, dan taoge di atas piring. Siram bumbu pecel dan sambel tumpang. Taburi petai cina dan kemangi.

6. Tumpang pecel siap dihidangkan dengan peyek kacang

 

Inilah penjelasan tentang tumpang pecel khas Kabupaten Sragen, jika Anda berminat datang dan berkunjunglah ke Kabupaten Sragen untuk menemukan kenikmatan tiada tara tumpang pecel ini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE