Mengenal lebih jauh tentang obat dewa yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit sekaligus.

Ada yang pernah tau tentang obat dewa? 

Advertisement

Obat Dewa adalah julukan untuk Dexamethason. Dalam dunia kesehatan dan pengobatan, sering sekali kita menyebutnya sebagai obat dewa atau obat segala penyakit. Karena dalam satu obat dapat menyembuhkan beberapa penyakit sekaligus. Tak ayal banyak masyarakat yang sering mengkonsumsinya sehingga ia mendapat award Obat Dewa.

 

Mengulas lebih dalam tentang Obat Dewa (Dexamethason)

Advertisement

Dexamethason tergolong dalam obat kortikosteroid sebagai Anti-inflamasi atau peradangan dan Antihistamin atau antialergi. Berikut adalah penyakit-penyakit yang dapat di obati oleh Dexamethason, antara lain:


  1. Peradangan akut

  2. Pembengkakan pada kulit

  3. Pembengkakan pada mata.

  4. Nyeri pada sendi

  5. Gatal pada kulit

  6. Gatal tenggorokan akibat batuk kering

Namun tidak semua penyakit boleh diberikan Dexamethason, sebab ada beberapa penyakit yang bertentangan dengan obat tersebut. Jadi apabila diberikan Dexamethason tidak malah menyembuhkan, namun malah membahayakan. Berikut adalah riwayat pasien yang tidak dianjurkan mengkonsumsi obat Dexamethason


  1. Pasien dengan riwayat penyakit Tubercolus Paru aktif (TBC)

  2. Pasien memiliki penyakit infeksi jamur (Misal; Panu, Keputihan, Kutu Air, Kurap, dll)

  3. Pasien dengan riwayat penyakit lambung

  4. Pasien yang sedang mengalami Osteoporosis atau Pengapuran Tulang.

  5. Ibu Hamil atau sedang berencana hamil.

 

Bolehkah Obat Dewa di gunakan terus menerus? apa efek samping jangka pendek dan jangka penjang penggunaan obat ini?  

Setiap obat memiliki manfaat dan efek samping, entah itu efek samping yang timbul jangka pendek atau jangka panjang. Dexamethason bukan termasuk golongan Antibiotik, jadi tidak perlu penggunaan terus menerus atau sampai habis. Obat dapat dihentikan pemakaiannya apabila pasien sudah merasa lebih baik atau sembuh setelah mengkonsumsi obat.

Efek Samping Penggunaan Jangka Pendek:


  1.  Gangguan pola tidur 

  2. Badan akan terasa lemas

  3. Sakit Kepala

  4. Jerawat

  5. Perut kembung

  6. Nyeri otot dan sendi

  7. Sering Haus

Sedangkan untuk pemakaian jangka panjang atau terlalu sering juga dapat menimbulkan efek samping yang lebih berat, antara lain:


  1. Osteoporosis adalah kondisi ketika tulang mulai kehilangan kepadatan dan kekuatannya menopang tubuh, Kualitas tulang akan menurun dan terjadi pengeroposan, dan rentan retak atau patah. Biasanya akan tampak setelah pasien terjatuh atau terjadi benturan.

  2. Moonface adalah kondisi lemak berlebih yang menumpuk pada wajah, sehingga menyebabkan wajah membengkak dan lama kelamaan akan membulat. Kondisi tersebut tidak membahayakan, tapi mungkin dapat mengurangi kepercayaan diri penderita

 

Bagaimana penggunaan Obat Dewa agar dapat bekerja baik dalam tubuh?

Obat dibuat untuk mengobati, meringankan dan menyembuhkan penyakit, bukan malah menambah atau memperparah penyakit. Itulah mengapa kita perlu menaati aturan minum obat dengan baik dan benar.

Dexamethason terdiri dari dua dosis, yakni dosis 0.5mg dan 0,75mg. Untuk anak-anak dibawah 12 tahun dapat mengkonsumsi Dexamethason 0.5mg, dan dewasa 0.75mg sebanyak tiga kali sehari selama sakit dan dapat segera berhenti apabila sudah merasa lebih baik atau sembuh setelah mengkonsumsi obat tersebut. Untuk anak-anak dibawah 6 tahun tidak dianjurkan mengkonsumsi obat tersebut danpa pengawasan dokter.

Setiap obat akan bekerja dengan maksimal apabila tubuh sedang mengalami penyakit sesuai kegunaan obat yang di konsumsi, namun obat akan menyerang organ tubuh lain seperti ginjal dan jantung apabila obat yang di konsumsi tidak sesuai dengan sakit yang di derita. Itulah mengapa pentingnya mengkonsumsi obat secara baik dan benar sesuai petunjuk.

 

Semoga Bermanfaat….

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya