Fakta Baru, Otak Wanita Ternyata Berusia Lebih Muda daripada Laki-laki. Lho Kok Bisa?

Otak wanita lebih muda daripada lelaki

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca Hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Advertisement

Tentunya kamu semua sudah menyadari bahwa terdapat beberapa hal yang membedakan antara kaum hawa dan juga adam, salah satu perbedaan tersebut terdapat terkait dengan organ tubuh yang dikenal denga nama otak. Secara umum, mungkin banyak dari kamu yang telah mengetahui bahwa otak wanita biasanya lebih kecil dibandingkan dengan otak laki-laki. Namun tahukah kamu tentang fakta yang mengungkap bahwa otak wanita ternyata juga lebih muda dari otak laki-laki?

Para peneliti dari Washington University School of Medicine menemukan fakta bahwa otak wanita memiliki usia 3 tahun lebih muda dibandingkan dengan otak laki-laki dengan usia yang sama. Hasil penelitian tersebut juga sekaligus menjadi jawaban dibalik mengapa wanita lebih mampu menjaga kekuatan mental serta mempertahankan keterampilan kognitifnya lebih lama dibandingkan dengan laki-laki.

Penelitian yang telah diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences ini melibatkan 84 laki-laki dan 121 wanita sebagai objek penelitiannya. Dalam penelitian tersebut, para peneliti menggunakan teknik scanning otak yang juga dikenal dengan nama positron emission tomography untuk mengukur aliran oksigen dan juga glukosa.

Advertisement

Melalui penelitian tersebut diketahui bahwa wanita memiliki metabolisme otak yang lebih baik dibandingkan dengan otak laki-laki dengan usia yang sama. Hal inilah yang membuat otak wanita cenderung lebih awet muda. Rata-rata otak wanita berusia 3,8 tahun lebih muda dibandingkan dengan otak laki-laki di usia yang sama.

Otak Wanita Lebih Aktif Dibandingkan Otak Laki-laki

Advertisement

Meskipun lebih muda dibandingkan dengan otak laki-laki, ternyata otak wanita juga memiliki poin negatif yang harus diperhatikan, yakni terkait dengan keaktifannya. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Journal of Alzheimer’s Disease , diketahui bahwa otak wanita lebih aktif dibandingkan dengan otak laki-laki, terutama pada area Cortex Prefrontalis dan Sistem Limbik.

Bagian  Cortex Prefrontalis ini mengatur fokus dan kontrol rangsangan. Area inilah yang bertanggung jawab atas munculnya sifat empati, intuitif, fokus dan kontrol diri. Sedangkan Sistem Limbik adalah bagian  yang terkait dengan mood dan rasa cemas. Ketika bagian ini aktif, maka wanita berpotensi mengalami kecemasan hingga depresi.

Poin pentingnya, meskipun memiliki usia yang lebih muda, otak wanita juga terbilang rentan dikarenakan keaktifannya yang lebih tinggi dibandingkan dengan otak laki-laki. Untuk itu, amat penting untuk kamu “para wanita” menjaga gaya hidup dan juga suasana hati kamu agar otak kamu tetap awet muda serta sehat.

Semoga informasi ini bermanfaat~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Writer + Social Media Designer. Just Follow my Instagram : @endarjulian

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE