Pandemi COVID-19 Nyata Adanya, Yuk Patuhi Protokol Kesehatan Agar Selamat Semuanya

Melawan COVID-19

Pandemi COVID-19 masih berlangsung di seluruh Negara di dunia termasuk Indonesia. COVID-19 disebabkan oleh SARS-CoV-2, yaitu virus jenis baru dari coronavirus (virus yang menginfeksi sistem pernapasan). COVID-19 pertama dideteksi masuk ke Indonesia pada awal bulan Maret 2020. Sampai pada tanggal 23 Juli 2020 kasus positif COVID-19 di Indonesia mencapai 93.657 kasus. Tentu ini bukan jumlah yang sedikit.

Advertisement

Meskipun begitu, era new normal mulai diterapkan di Indonesia. New normal bukan berarti pandemi COVID-19 sudah berakhir, tetapi kita akan menjalani kehidupan dengan tatanan yang baru sebagai akibat dari pandemi COVID-19. Lalu, apa saja yang wajib kita lakukan di era new normal ini? Berikut penjelasannya.


Menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat


Kebersihan menjadi poin penting yang harus kita laksanakan. Kebersihan diri, tempat tinggal, dan tempat kerja harus benar-benar kita jaga. Sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan handsanitizer wajib kita lakukan. Karena, tangan menjadi perantara masuknya bakteri dan virus ke tubuh. Hindari menyentuh mata, hidung, mulut sebelum mencuci tangan.


Menggunakan Masker


Saat kita akan keluar rumah atau beraktivitas di luar rumah kita wajib menggunakan masker. Saat ini masker tidak hanya untuk yang sakit tetapi juga untuk yang sehat. Jangan menganggap remeh, “ah cuma deket kok perginya”, “ah cuma ke tetangga sebelah”, jangan. Ingat, pakai maksernya bukan cuma pas ada razia aja tetapi setiap keluar rumah.

Advertisement


Menjaga jarak


Virus corona dapat menular melalui kontak dekat. Kontak dekat yang paling sering kita lakukan adalah berjabat tangan. Jadi, hindari bersalaman dengan orang lain misalnya diganti dengan menelungkupkan tangan di depan dada. Kita juga harus menjaga jarak dengan orang lain antara 1.5 meter – 2.0 meter, karena kita tidak pernah tau apakah orang di dekat kita itu carrier atau bukan. Untuk itu, hindari kerumunan dan tunda kegiatan – kegiatan yang menyebabkan berkumpulnya banyak orang (misalnya arisan, rapat, pengajian, dll) atau kegiatan tersebut dilakukan secara online jika harus melibatkan orang banyak.

Pandemi covid-19 ini nyata, tidak dibuat-buat. COVID-19 bisa menginfeksi siapa saja dan dimana saja. Mari tunjukkan cinta kita kepada keluarga dan orang-orang di sekitar kita, dengan cara rajin mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau handsanitizer, pakai masker, dan menjaga jarak.

Taatku melindungimu,

Taatmu melindungiku.

Aku mencitaimu dengan taatku,

Kamu mencintaiku dengan taatmu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE