Capek nggak sih mendengar komentar, 'Kurang piknik lo!'?

Buat kamu yang masih jomblo, nggak usah repot-repot galau meratapi nasib hari-hari tanpa pasangan, deh! Jalan-jalan aja sendiri! Nikmati dan bertualang menjelajahi dunia baru. Terlebih buat kamu para perempuan! Kesempatan buat menikmati perjalanan sendirian tanpa beban akan segera sirna saat kamu kelak punya pacar, menikah, lalu punya anak! Percaya deh, piknik sendirian itu seru! Berikut ini tips aman piknik sendirian buat para jomblo!

Buat itinerary yang jelas, lengkap dengan alamat dan kontak penginapan atau objek yang kamu tuju

Piknik atau bepergian sendirian memang membebaskan kamu untuk menjelajahi semua sudut dan objek wisata yang menarik. Kamu tidak perlu repot-repot adu argumen dengan teman seperjalananmu. Tapi, yang namanya piknik sendirian juga butuh jadwal yang runut dan rapi, lho! Untuk itu, kamu bisa mulai membuat itinerary yang jelas.

Caranya mudah, kamu bisa memulainya dengan membuat daftar objek wisata atau tempat yang kamu ingin tuju. Lalu, atur ke dalam itinerary dengan apik. Kamu bisa mengunjungi dua atau tiga objek wisata berbeda dalam satu hari. Perhatikan juga jarak antar objek wisata, kemungkinan perubahan cuaca, waktu istirahat, dan akses transportasinya, ya! Salin itenrary kamu dan berikan ke orang terdekat sebelum kamu nikmati keseruan piknik sendirian.

Narsis ternyata juga bermanfaat, lho! Jangan lupa nyalakan fitur geo-tagging setiap kamu mengambil foto

Yup! Kamu sudah tiba di kota tujuan. Semua lancar dan selamat. Perjalanan juga menyenangkan dan kamu merasa cukup bugar untuk berpetualangan sendirian. Sebelum berangkat ke objek wisata yang pertama, coba ambil foto yang Instagrammable deh. Cari objek yang menarik di stasiun, terminal, atau bandara setibanya kamu di kota tujuan. Lalu unggah ke semua akun sosial media kamu.

Advertisement

Jangan lupa nyalakan fitur geo-tagging di ponsel kamu juga ya, c’gengs! Alih-alih narsis dan berbagi keseruan piknik sendirian lewat sosial media, fitur geo-tagging juga membuat lokasi kamu lebih mudah ditelusuri dan dipantau oleh banyak orang. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih aman dan nyaman. Jadi merasa sendiri tapi nggak sendirian banget gitu deh! πŸ˜‰

Walau sendirian, ada baiknya kamu juga sekalian silaturahim ke rumah kerabat. Bisa numpang makan gratis kan lumayan!

Sambil menyelam minum air. Rasanya tidak ada salahnya kan sambil kamu piknik sendirian, sambil juga mengunjungi rumah kerabat yang tinggal di kota berbeda. Sisipkan sesi silaturahim ini ke dalam itinerary kamu, deh! Selain jadi bisa numpang makan atau isitirahat gratis di rumah kerabat, orang tua kamu di rumah akan jauh lebih senang dan merestui perjalanan kamu, deh.

Mengunjungi kerabat yang tinggal jauh di kota berbeda, juga bisa membantu kamu mengenali dan mengunjungi objek-objek wisata di kota yang kamu tuju. Kamu bisa minta masukan tentang objek wisata yang anti-mainstream dari mereka. Lebih untung lagi kalau kerabat kamu bisa jadi tour guide dadakan, lengkap dengan fasilitas transportasi yang lagi-lagi, gratis!

Ini yang paling penting, pamit dan minta restu dari orang tua dulu, ya!

Sebagai anak baik yang selalu berbakti kepada orang tua, meminta izin dan pamit sebelum bepergian adalah sebuah keharusan. Percaya deh! Ritual pamit dengan orang tua seperti bukan sekadar kebiasaan yang sehari-hari kita lakukan, lho. Di dalamnya ada sebersit doa tulus yang secara ajaib bisa menuntun kamu untuk senantiasa aman dalam perjalanan. Sesi pamitan sama ayah-ibu juga akan membuat mereka lebih nyaman dan percaya sama kamu. Terlebih saat kamu memutuskan untuk piknik sendirian.

Pastikan juga ponsel kamu selalu on selama perjalanan. Beri kabar kepada mereka secara teratur. Dengan begitu, mereka akan lebih tenang dan perjalanan kamu akan terasa jauh lebih ringan serta menyenangkan. Happy traveling, Mblo!