Pelatihan Pembuatan Iklan dengan Memanfaatkan Fasilitas Media Sosial Bagi Masyarakat Desa Wisata Jarum

Yuk, kembangkan ide iklanmu!

Mahasiswa program studi ilmu komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta dengan mata kuliah proyek komunikasi, menyelenggarakan seminar dengan tema "Pelatihan Pembuatan Iklan Dengan Memanfaatkan Fasilitas Media Sosial". Acara seminar ini dilaksanakan di Kota Klaten, tepatnya di Desa Wisata Jarum, yang dihadiri oleh beberapa para pelaku UMKM. Desa Wisata Jarum merupakan desa terbesar di Kota Klaten yang memiliki penghasilan kain batik tulis.

Advertisement

Di Desa Wisata Jarum memiliki beberapa pelaku UMKM pengrajin batik tulis, kurang lebih ada 20 UMKM. Melihat cukup banyaknya UMKM di Desa Wisata Jarum, mahasiswa Amikom mengadakan seminar yang bertujuan supaya para pelaku UMKM batik tulis dapat mengembangkan cara memasarkan produknya dengan cara membuat iklan semenarik mungkin dengan maksud supaya iklan yang di pasarkan tidak terlihat monoton. Salah satu cara mahasiswa mempresentasikan cara tersebut yaitu di sampaikannya beberapa materi terlebih dahulu yang kemudian di langsungkan dengan pelatihan kepada masyarakat untuk dapat mengikuti pelatihan membuat iklan.

Dari seminar tersebut, mahasiswa Amikom memberikan konsep bagaimana cara mengonsepkan sebuah iklan dalam bentuk foto maupun video, sehingga iklan tersebut memiliki daya tarik tersendiri. Yang pertama iklan berupa foto, cara untuk mempercantik gambar iklan yaitu dengan menghias produk yang akan di iklankan, pastikan foto produk dengan hasil yang jelas, gunakan penerangan buatan maupun alami untuk mempercerah pencahayaan foto.

Yang kedua iklan berupa video, cara untuk membuat konsep iklan dengan video yaitu tentukan lokasi atau ruangan untuk membuat video, ciptakan pencahayaan yang mendukung jika pencahayaan secara alami. Cahaya matahari efektif digunakan untuk mendapatkan hasil yang terbaik yaitu di pagi hari dan sore hari. Angle dalam pengambilan gambar sangat penting dalam iklan video.

Advertisement

Dengan adanya pelatihan saat seminar berlangsung, kami meminta kepada para pelaku UMKM untuk mencoba membuat konsep iklan sekaligus cara untuk memposting ke media sosial. Mahasiswa membantu kepada para pelaku UMKM untuk membuatkan akun untuk wadah memasarkan produk mereka. Dari situlah para pelaku UMKM mendapatkan edukasi mengenai sudut lain dari cara memasarkan produk mereka, dengan tampilan yang lebih menarik. 

Acara seminar tersebut merupakan acara pertama dari mahasiswa Amikom, program studi ilmu komunikasi. Selain itu seminar yang kami selenggarakan mendapat mendapat respon yang baik dan antusias dari masyarakat sekitar, khususnya para peserta seminar. Acara seminar berjalan dengan baik dan lancar, dengan bertahannya para peserta yang mengikuti acara dari pukul 09.00 hingga pukul 11.00. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE