Pembaruan yang Dilakukan dalam Mengatasi Masalah di Dunia Pendidikan

Salah satu kebutuhan yang sangat penting dan berpengaruh nantinya pada masa depan kita salah satunya adalah pendidikan. Mengapa demikian? Sebab dengan adanya pendidikan, akan ada bekal dan persiapan dari jauh hari untuk mencapai masa depan yang lebih baik. Pendidikan ini sendiri dapat diperoleh siapa saja yang mana dibantu oleh pemerintah serta lingkungan sekitar juga para pendidik yang mendukung terlaksananya pendidikan.

Advertisement

Umumnya pada pendidikan ada beberapa faktor pendukung yang dapat menunjang pendidikan itu sendiri seperti tenaga kependidikan, sarana dan prasarana dan lain sebagainya. Dengan ada atau terpenuhi faktor-faktor penunjang tersebut maka siapa saja yang mendapatkan pendidikan, akan mendapatkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

Namun, di Indonesia sendiri belum semua, dan kebanyakan ada beberapa permasalah sehingga faktor penunjang ataupun hal – hal yang seharusnya terpenuhi untuk pendidikan sehingga timbul beberapa permasalah pada pendidikan. Permasalah ini beberapa diantaranya adalah pemerataan, kuantitas, kualitas, efisiensi, efektifitas, relevansi, tenaga kependidikan, siswa, dan berbagai macam permasalah permasalahan yang telah lama belum teratasi sehingga bisa dikatakan telah mengakar sehingga sukar untuk diatasi dan diselesaikan dalam waktu singkat.

Butuh beberapa solusi ataupun upaya yang dapat dilakukan agar permasalahan ini dapat diatasi dan diselesaikan namun tidak semua dari masalah itu akan benar-benar selesai dan teratasi dengan baik, serta ada beberapa perbaruan juga yang dilakukan yang mana ini dapat mengatasi atau bahkan mengurangi masalah pada pendidikan.

Advertisement

Perbaruan pada pendidikan ini maksudnya adalah adanya perubahan, ide atau gagasan yang mana akan membantu dan membuat suatu hal menjadi berbeda dan lebih baik dari sebelumnya atau dapat dikatakan adanya inovasi baru pada pemdidikan dikarenakan permasalahan-permasalahan yang belum terselesaikan pada saat sekarang ini.

Beberapa upaya pembaruan yang dilakukan seperti, adanya pembaruan kurikulum yang mana pada pembaruan kurikulum ini pada tingkat pendidikan dasar, pendidikan menengah, serta pada pendidikan tinggi yang mana disebut merdeka belajar; kemudian adanya pengelolaan pendidikan inovatif seperti SMP terbuka, SMA terbuka dan Universitas Terbuka; lalu adanya pengembangan pendidikan luar sekolah, contohnya kejar paket A, paket B, paket C, kursus, diklat, dan lain-lain; terakhir home schooling.

Advertisement

Lalu apa tujuan dari pembaruan yang dilakukan pada permasalahan pendidikan ini? Secara umum upaya pembaruan pada pendidikan bertujuan untuk menyelesaikan, mengatasi serta mengatasi permasalah pada pendidikan yang selama ini masih mengakar. Selain itu ada ada beberapa tujuan yang dari pembaruan ini, berikut diantaranya:

Berjalan dengan sejajarnya pendidikan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang mana pada saat ini IPTEK sudah lebih berkembang pesat.

Terlaksananya pendidikan secara baik, adil dan juga merata.

Dan memperbaiki serta merubah sistem pendidikan menjadi lebih efektif dan efisien.

Selain beberapa upaya – upaya tersebut sebenarnya ada beberapa upaya yang dapat dilakukan dari hal-hal yang terkecil dahulu pada sistem pendidikan saat ini. Ini dapat dilihat berdasarkan pada permasalah pokok yang terjadi pada sistem pendidikan saat ini, kemudian barulah dicari faktor penyebab yang menimbulkan permasalah pada pendidikan. Yang mana perlu diselesaikan dari pemasalahan yang kecil dahulu agar dapat terselesaikan yang lain.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa jurusan Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Padang

CLOSE