Pemisahan Keuangan Bisnis dan Pribadi, Perlukah Kita Lakukan?

Pemilik bisnis wajib tau nih biar nggak salah langkah

Tidak selalu mudah untuk memisahkan keuangan Anda dari bisnis yang Anda miliki. Namun pemisahan adalah perlu. Anda tidak akan mengetahui apakah bisnis Anda menguntungkan atau ada kemungkinan masalah yang terjadi. Dampak lainnya adalah pembukuan tidak dapat dilakukan dengan benar karena arus kas yang tidak jelas. Berdasarkan sebuah penelitian yang melakukan kunjungan ke beberapa UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), pemilik usaha mengeluhkan modal yang dimiliki hanya sedikit. Namun sebenarnya omset bisnis tersebut rata-rata sudah diatas 300 juta per tahun.

Advertisement

Ternyata pelaku usaha menggabungkan uang hasil usaha dengan uang pribadinya. Uang hasil penjualan digunakan untuk membayar uang sekolah dan kebutuhan sehari-hari sampai pengeluaran untuk sumbangan saudara atau tetangga yang menikah. Sehingga ketika usahanya harus membeli peralatan, mereka bingung sendiri karena penjualan berjalan lancar namun untuk membeli peralatan saja uangnya tidak mencukupi. Untungnya, banyak cara untuk membuat keuangan pribadi Anda terpisah dari bisnis Anda. Memisahkan keuangan bisnis dan pribadi membuat hidup Anda jauh lebih mudah sehingga menghemat waktu serta uang Anda.

Masih banyak pengusaha mencampur keuangan bisnis dan pribadinya. Untuk menghindari hal-hal yang merugikan sebaiknya pisahkanlah antara rekening pribadi dan rekening usaha. Seperti yang dikatakan Benjamin Franklin “Beware of little expenses, a small leak will sink a great ship” , dengan pemisahan keuangan maka pendapatan maupun pengeluaran menjadi jauh lebih terkendali dan juga mengatur keuangan pribadi akan jauh lebih mudah. Pencatatan dapat dilakukan rutin sehingga dapat mengetahui kemana arah kas keluar dan kas masuk. Keuntungan lainnya juga dapat dilihat dari hasil evaluasi yang lebih akurat sehingga dapat mengetahui bagian mana yang memungkinkan untuk dioptimalkan.

Apabila pemisahan keuangan tidak dilakukan, dapat menimbulkan pajak yang lebih tinggi. Hal tersebut dikarenakan pendapatan pribadi menjadi satu dengan pendapatan dari usaha. Anda juga harus memisahkan pengeluaran pribadi dari bisnis. Bagaimana tentang pengeluaran dari bisnis dan pribadi yang tidak dapat dipisahkan? Seperti biaya internet kantor, biaya internet rumah, biaya lain-lain yang timbul dari alat elektronik. Hanya sebagian dari tagihan tersebut yang dapat digunakan sebagai pengurang pajak. Ini adalah pengecualian untuk memisahkan pengeluaran bisnis dan pribadi Anda, juga merupakan satu halangan kecil dalam pemisahan keuangan.

Advertisement

Memiliki rekening yang terpisah membuat Anda lebih mudah menentukan bagian milik Anda dan milik bisnis. Anda juga akan membutuhkan kartu kredit terpisah untuk bisnis. Memiliki kartu kredit terpisah untuk masing-masing membuat Anda lebih mudah menghindari penggunaan kartu kredit pribadi untuk membayar “barang-barang atas nama bisnis”. Apabila pengeluaran untuk bisnis berlebihan, Anda tidak perlu menggunakan uang pribadi Anda untuk bisnis tersebut. Sehingga tidak akan menjadi beban bagi Anda untuk menutupi pengeluaran Anda sendiri. Banyak pengusaha seringkali menggunakan uang pribadi untuk menebus kekurangan dalam bisnis mereka, terkadang hal ini tidak terhindarkan. Dengan pemisahan keuangan, Anda akan  memiliki pencatatan yang jelas sehingga dapat membantu Anda mengurangi risiko penggunaan uang pribadi untuk keperluan bisnis.

Apapun jenis bisnis yang Anda jalankan, memisahkan keuangan bisnis dan pribadi akan memudahkan dalam mengelola keuangan sehingga bisnis akan berjalan lebih efektif. Dengan melakukan pemisahan keuangan akan lebih mudah bagi kita untuk membedakan arus dana dari usaha dan penggunaan uang untuk kepentingan pribadi. Membuat keuangan pribadi Anda terpisah dari sisi bisnis memang membutuhkan langkah-langkah tambahan. Namun sebagian besar langkah-langkah tersebut adalah “one time event”, Anda mengaturnya di awal lalu bisnis dapat berjalan dengan baik.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE