Pengalaman Pertama Mendaki Gunung Prau di Jawa Tengah

Pengalaman mendaki Gunung Prau di Jawa Tengah

Ini adalah pengalaman pertama saya naik gunung. Gunung yang kali ini saya daki adalah Gunung Prau yang memiliki ketinggian 2.565 mdpl. Terletak di Dieng, Jawa Tengah, Indonesia. Gunung ini direkomendasikan bagi pemula seperti saya yang dimana rute perjalan tidak terlalu extreme, tetapi harus tetap berhati-hati.

Perjalanan dari basecamp Gunung Prau menuju ke puncak Gunung Prau dimulai sekitar pukul 14.00, dimulai dengan menelusuri jalan anak tangga untuk menuju pos pertama. Selama di perjalanan kami dapat melihat pemandangan ladang perkebunan warga yang luas. Setelah sampai di pos pertama,saya dan teman-teman istirahat sejenak untuk melanjutkan perjalanan ke pos dua. Perjalanan menuju pos ke dua berupa tanah liat dan juga ada akar-akar pohon yang timbul keluar tanah, selama di perjalanan kami melihat banyak sekali pohon pinus yang begitu tinggi, yang membuat kami terpaku melihat pohon pinus sepanjang jalan.

Sesampai di pos ke dua, saya dan teman-teman istirahat sejenak untuk menuju ke pos ke tiga. Setelah cukup beristirahat saya dan teman-teman melanjutkan perjalanan menuju ke pos tiga rute yang kami lalui cukup berbahaya buat pemula seperti saya yang dimana rute nya berupa tanah yang menanjak dan juga beberapa memiliki kemiringan sekita 50 derajat, jadi harus membuat saya dan teman-teman berhati. Selama di perjalanan kami disajikan dengan pemandangan awan yang begitu indah sehingga membuat kami tidak bosan melihat pemandangan awan dan juga dimana membuat kami seperti berada di atas awan.

Setelah melewati perjalanan yang cukup lama akhirnya saya dan teman-teman sampai di puncak Gunungn Prau. Kami langsung menikmati suasana yang indah seperti lautan awan dan juga kami bisa melihat puncak Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang begitu indah yang di balik lautan awan, dan kami juga dapat menikmati suasana mataha tenggelam dari atas Gunung Prau.Kami tidak menyia-nyiakan moment tersebut, kami mengambil beberapa foto bersama untuk dokumen. Setelah itu kami berisitihat untuk menikmati sausana di pagi hari esoknya.

Di pagi hari kami disajikan dengan pemandangan yang begitu indah yang dimana kami dapat menikmati matahari terbit dari puncak Gunung Prau yang dimana ini merupakan moment pertama kali saya bisa melihat matahari terbit dari atas Gunung dan tidak lupa kami juga menikmati pemandangan tersebut dengan secangkir kopi dan semangkok mie. Sekitar pukul 08:00 pagi,saya dan teman-teman berjalan-jalan di sekitar puncak Gunung Prau untuk berfoto-foto dan bersilahturahmi dengan para pendaki yang ada di puncak Gunung Prau. Akhirnya kami bersiap-siap merapikan barang-barang untuk pulang, dan juga kami tidak lupa untuk membersihkan sampah-sampah yang kami bawa ke atas puncak Gunung Prau, untuk menjaga kebersihan Gunung.Kami melakukan perjalanan pulang sekitar jam 10:00 pagi.

Selama di perjalanan kami tidak terlalu merasakan capek karena rute perjalanan yang menurun. Di pos ke dua kami beristirahat sejenak di pondok makan yang tersedia kami minum es teh di atas puncak dan menyantap gorengan dan buah-buahan. Setelah cukup beristirahat kami melanjutkan perjalanan pulang. Akhirnya kami sampai ke basecamp dengan selamat, banyak pengalaman yang saya dapati dari pertama kali saya melakukan pendakian sampai turun, yang dimana saya haru menaklukan sifat ego yang tinggi dan lebih mengutamakan kerja sama dengan teman saya. Saya berharap dapat mendaki gunung-gunung lain nya yang ada di Indonesia. See you Prau!