Pengaruh Media Digital Pada Kehidupan Sehari-Hari dan Bidang Politik

Munculnya istilah new media sangat erat kaitannya dengan keberadaan internet di dunia ini. Bahkan dalam proses perkembangannya, media baru tidak terbatas pada internet, dan internet merupakan alat atau media terpenting di era media baru. Seperti yang dikatakan Flew (2005: 4), “Internet mewakili media baru yang terbaru, yang paling banyak didiskusikan dan mungkin manifestasi yang paling penting.

Advertisement

”Internet luar biasa karena di zaman sambungan telepon rumah kuno, masa depan saluran telepon adalah tidak hanya bisa menghasilkan suara, tapi juga bisa menghasilkan gambar, yang tak terbayangkan. Faktanya, Internet terus berkembang, awalnya menggunakan Internet untuk email dan situs web, dan kemudian menggunakannya untuk blog, situs jejaring sosial, situs berbagi video, TV Internet, konferensi video, permainan online, dan lain-lain.

Internet menyatukan dunia seolah-olah dunia tidak lagi memiliki perbatasan. Kalau dulu ada orang di Indonesia yang mengirim surat kepada seseorang di Amerika Serikat, tapi butuh waktu dua sampai tiga minggu untuk menerimanya, sekarang orang tersebut menerima emailnya langsung melalui email atau situs jejaring sosial.

Internet juga telah digunakan untuk tujuan komersial sehingga seseorang dapat melakukan pembelian atau transaksi secara online melalui internet. Internet telah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia. Internet telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari orang di sebagian besar dunia.

Advertisement

Menurut Flew (2005: 3), “ Ide media baru mencakup pengembangan bentuk unik media digital dan rekonstruksi bentuk media yang lebih tradisional yang mengadopsi dan beradaptasi dengan teknologi media baru. '' Dalam hal ini, beberapa ahli sepakat menggunakan istilah media baru untuk membedakannya dengan media lama atau media tradisional yang sudah ada sebelumnya.

Misalnya, dalam beberapa dekade terakhir, surat kabar telah menjadi bentuk kertas yang harus dibeli atau dijadikan langganan oleh orang. Sejak munculnya Internet, banyak surat kabar telah disajikan secara online melalui Internet. Contoh lainnya adalah orang biasa mengirim surat melalui surat, tetapi sekarang mereka dapat mengirim surat melalui email. Tidak mudah untuk mengklasifikasikan media sebagai media baru karena sulit untuk membedakan batasan antara media lama dan media baru.

Advertisement

Namun beberapa media yang umumnya dianggap sebagai media baru adalah internet dengan banyak aplikasi, seperti website, email, blog, situs jejaring sosial, situs video sharing, game online, e-book, koran online, dll. Ini dapat mencakup sumber daya selain Internet; DVD, komputer multimedia, telepon seluler, pesan teks.

Wikipedia adalah ensiklopedia gratis di Internet, dan bahkan menunjukkan bahwa contoh yang paling cocok digunakan sebagai media baru adalah situs Wikipedia. “Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia online dan contoh terbaik dari fenomena media yang baru. Ini menggabungkan teks digital, gambar dan video, dan tautan jaringan yang dapat diakses internet, partisipasi kreatif kontributor, umpan balik interaktif dari pengguna, dan peserta. Pembentukan komunitas. Editor dan donor. “

Dan Media Digital juga mempengaruhi pada Bidang Politik

Internet dianggap sebagai awal dari era media baru. “Lingkungan media baru dan kebangkitan Internet berdampak pada komunikasi presidensial. Sebagai CEO pertama era media baru, Presiden Bill Clinton dan Presiden George Bush membuat gambar online melalui website Gedung Putih www.whitehouse.gov Media baru yang dimaksud adalah website resmi Gedung Putih yang diwujudkan melalui keberadaan internet.

Bidang politik merupakan bidang yang membutuhkan dakwah, sehingga internet menjadi media yang banyak digunakan untuk mempromosikan tokoh politik atau partai politik. Media internet biasanya digunakan untuk propaganda politik bersamaan dengan media tradisional atau media biasa. Politisi atau partai politik akan menggunakan semua media yang dianggap berpotensi meningkatkan visibilitas tokoh atau partai politik tersebut.

Penggunaan media oleh politisi dan partai politik disebut komunikasi politik. Komunikasi politik meliputi penggunaan media oleh pemerintah dan partai politik untuk mendapatkan dukungan selama atau di luar pemilihan umum (Riaz: 2010: 2). Internet terutama digunakan untuk menunjukkan bahwa politisi atau partai politik "melek Internet", di mana mereka mencari pendukung, simpatisan, dan teman dari komunitas yang sering menggunakan Internet.

Situs jejaring sosial merupakan media baru internet yang paling sering digunakan oleh para tokoh politik di dalam dan luar negeri. Situs web yang paling populer adalah Facebook dan Twitter, selain MySpace, yang populer di Amerika Serikat, dan Friendster dan Linkedin, yang kurang populer. Selama pemilihan presiden Indonesia 2009, calon wakil presiden Prabowo Subianto menggunakan Facebook untuk membangun dukungan bagi dirinya sendiri. Prabowo memiliki banyak "teman" atau pendukung, sehingga ia menemui masalah karena akun Facebook Prabowo sudah melebihi kapasitasnya, sehingga ia mendapat email notifikasi dari pengelola Facebook (komputer).

Selain menggunakan situs jejaring sosial, banyak politisi di Indonesia juga membuat blog pribadi. Mereka mengungkapkan pendapat, pemikiran atau kritik mereka tentang topik sosial saat ini di blog. Melalui blog ini akan membuat politisi tampil lebih bertalenta karena bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi internet.

Salah satu blog yang sempat mendapat perhatian beberapa waktu lalu adalah blog bernama nazaruddin78.blogspot.com, yang sebenarnya diakui oleh Nazaruddin sebagai blognya, namun blog tersebut ditutup tak lama kemudian. Pada pasal pertama tanggal 30 Mei 2011, Nazaruddin bertajuk "berpegangan tangan", yang memuat keterangan atau pembelaan Nazaruddin. Hanya dalam 2 hari, artikel pertama di blog tersebut telah dikunjungi oleh 20.000 orang (Inggried, 2011).

Dalam politik Indonesia, ketika seorang politisi mencalonkan diri untuk pemilihan legislatif atau daerah, akan bermanfaat untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan teman-teman di situs jejaring sosial dan blog sehingga dia bisa memenangkan dewan direksi atau kursi presiden. Namun, beberapa politisi hanya aktif di situs jejaring sosial dan blog selama kampanye, karena membutuhkan banyak pendukung, namun kemudian karena kesibukan pekerjaan, mereka tidak sempat mengelola akun atau blognya.

Dimulai pada 14 April 2008, sina.com (situs web hiburan dan mesin pencari terkenal di China) melakukan survei tentang apakah pengguna Internet China memboikot Carrefour. Pada 16 April 2008, hampir 4,8 juta pengguna Internet berpartisipasi dalam survei tersebut. survei. Kebanyakan dari mereka mendukung boikot Carrefour dan merek Perancis lainnya dan berjanji tidak akan berbelanja di Carrefour selama sebulan penuh. Usulan boikot itu tidak hanya ditanggapi oleh pengguna internet, tetapi juga disebarkan ke masyarakat di luar dunia maya.

 

James R. Situmorang (2012). Pemanfaatan Internet Sebagai New Media Dalam Bidang Politik, Bisnis, Pendidikan Dan Sosial Budaya. Jurnal UNPAR. Salvatore Simarmata (2014). Media baru dan ruang publik baru dari media digital. Jurnal Atmajaya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE