Pentingnya Mengelola Batasan Atas Diri Sendiri

Karena pada dasarnya setiap orang memiliki batasan atas dirinya sendiri, self filter itu memang perlu kita tanamkan.

Banyak sekali dari kita merasa pencitraan diri itu perlu, saya setuju namun apakah jika berlebihan itu akan baik-baik saja? Tentu tidak. Karena kita semua tahu bahwa segala sesuatu hal yang berlebihan itu tidak baik, maka dari itu alangkah baiknya kita memiliki batasan atas self filter kita sendiri, penting sekali untuk memiliki kontrol proses yang mampu memberikan kita pemahaman akan pentingnya memilah batasan mana yang akan kita filter dan batasan mana yang boleh orang lain ketahui dari diri kita sendiri. 

Advertisement

Terkadang kita terlalu khawatir akan reputasi diri kita sehingga kita merasa sangat perlu menumbuhkan pencitraan dari dalam diri. Namun sayangnya jika ini dilakukan terlalu berlebihan kita bisa kehilangan jati diri kita sendiri, identitas itu sangat penting. Ingat yang bisa membedakan kita dengan orang lain adalah dari keunikan diri kita sendiri maka jangan pernah takut ataupun insecure atas apa yang kita miliki, karena semua orang memiliki keunikannya masing-masing. 

Salah satu cara agar kita bisa mengontrol itu semua adalah dengan menumbuhkan self love, kita harus mengerti atas diri kita sendiri, bukan karena kita egois tapi jika kita tidak bisa mengerti dan menyayangi diri kita sendiri lalu bagaimana caranya orang lain bisa menyayangi kita. Oleh karena itu jangan pernah takut untuk showing your own personality karena kamu itu berharga. 


Lakukanlah apa yang ingin kamu lakukan, balik lagi kepada komitmen diri pribadi, apa yang perlu kamu filter maka filterlah.


Advertisement

Namun jangan pernah menjadikan kritikan orang sebagai panah untuk menjatuhkanmu tapi jadikanlah itu sebagai pegangan untuk bertahan dan kuat menjadi dirimu sendiri. Karena tidak selamanya yang kamu lihat buruk itu benar-benar buruk, dan sebaliknya. Penting sekali kesadaran diri akan hal ini karena kita hidup dizaman yang benar-benar bisa dibilang persaingan ketat, apapun yang kita lakukan harus memerlukan keberanian dan rasa percaya diri. Jika tidak ya kita akan tertinggal.

Oleh karena itu jangan pernah menganggap diri kita itu buruk karena yang terlihat baik pun belum tentu memang yang terbaik, satu hal yang perlu kita jadikan pedoman didalam hidup ini adalah bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini. Jadilah baik dengan versimu sendiri buktikan bahwa setiap orang pasti memiliki sisi terbaiknya masing-masing dan yang terpenting adalah tidak ada manusia di dunia ini yang tidak memiliki sisi buruk setikitpun, semua diciptakan berpasang-pasangan ada baik pasti juga ada buruk, semuanya sudak diatur sedemikian rupa sesuai porsinya. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE