Pentingnya Peranan Teknologi Dalam Komunikasi

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang peranan teknologi dalam komunikasi. Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya teknologi. Definisi teknologi merupakan alat, teknik, atau cara yang dapat membantu manusia dalam melakukan pekerjaan menjadi lebih ringan, lebih cepat, lebih baik, atau lebih banyak hasilnya (Haryani, 200172). Komunikasi menurut James A. F. Stoner adalah suatu proses pada seseorang yang berusaha untuk memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain.

Advertisement

Kemajuan teknologi dalam komunikasi memungkinkan kita untuk membangun kemitraan dengan berbagai macam pihak, dimanapun dan kapanpun. Internet, email, pesan suara, dan faks memungkinkan pihak-pihak bekerja di lebih dari satu tempat. Pekerjaan tidak harus dilakukan di kantor biasa, tetapi dapat dilakukan di rumah, di perjalanan, atau di negara lain. Teknologi telah mengubah tidak hanya cara kita berkomunikasi, tetapi juga cara kita bekerja.

Teknologi ini menawarkan banyak pilihan untuk melakukan komunikasi bisnis. Untuk membantu dalam memilih teknologi komunikasi, Bovee dan Thill (2003 29) memberikan panduan yaitu

1. mengirim pesan sesuai dengan harapan si penerima pesan,

Advertisement

2. mengirim pesan sesuai dengan waktu yang ditentukan,

3. mengirim pesan dengan singkat dan jelas agar si penerima mudah memahami isi pesan yang dikirimkan.

Advertisement

Nah, teknologi daam komunikasi bisnis sendiri bisa dibedakan menjadi 2, yaitu teknologi dalam komunikasi tertulis dan teknologi dalam komunikasi lisan. Teknologi dalam komunikasi tertulis pada umumnya bersifat resmi. Pesan-pesan atau dokumen yang ingin disampaikan biasanya ditulis tangan ataupun diketik. namun pada jaman sekarang perusahaan-perusahaan banyak yang menggunakan hardware maupun software komputer. Sekarang pesan yang ingin disampaikan perusahaan banyak yang diketik menggunakan bantuan software komputer seperti Word processor yang kemudian dikirim menggunakan emailatau media elektronik lainnya.

Sedangkan teknologi dalam komunikasi lisan adalah teknologi yang digunakan dalam komunikasi secara langsung/secara tatap muka. Dalam komunikasi ini terdapat alat bantu yang digunakan seperti pager, telepon, dan voice mail merupakan contoh alat bantu komunikasi lisan individu. Teleconference dan resentation system merupakan contoh alat bantu yang komunikasi lisan secara berkelompok.

Teknologi dalam komunikasi memiliki beberapa manfaat, antara lain: memperbaiki alur komunikasi. menyederhanakan komunikasi, mengubah struktur organisasi, dan mengurangi biaya komunikasi. Namun teknologi dalam komunikasi juga memiliki beberapa kelemahan yaitu information overflow, keamanan data penggunaan komputer, kerahasiaan informasi dan produktivitas karyawan, dan kurangnya hubungan interpersonal.

Jadi, teknologi memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan kita, dapat membantu orang mengirim informasi satu sama lain dengan cepat. Namun pada intinya teknologi ini sangat berpengaruh dalam dunia bisnis ini, karena jika kita berbisnis dengan cara kuno, kita hanya bisa berbisnis dalam jumlah jam kerja tertentu, tetapi jika kita menggunakan e-commerce sebagai alternatif jual, transaksi jual beli kita semua tidak lagi dibatasi waktu, kita akan bisa proaktif dan memonitor 24/24 kegiatan komersial sesuai dengan kemampuannya. Sehingga hal ini akan memungkinkan kami untuk lebih fleksibel dalam bisnis kami dan lebih baik daripada pesaing bisnis kami yang masih menggunakan cara lama dalam melakukan sesuatu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

mahasiswa universitas muhammadiyah malang tahun 2020

CLOSE