Memahami Diri Sendiri Itu Penting, lho! Me Time adalah Salah Satu Caranya

Memahami diri sendiri

Saat kini, pastinya kata “self-acceptance” sudah tidaklah asing bagi masyarakat di kalangan sosial media. Apakah dengan begitu berarti anda sudah paham betul cara menerima dan mencintai diri anda? Atau anda tetap menghiraukannya dan hanya menerima kritikan orang lain yang membuat kehidupan Anda semakin rumit dan seringkali menimbulkan rasa putus asa.

Advertisement

Memahami diri sendiri sangatlah penting untuk dijadikan prioritas dalam diri kita. Memahami diri bukan berarti kita mengerti apa itu hobi, makanan/ minuman/ warna dan hal lain yang kita sukai dalam diri kita, tetapi bagaimana kita dapat menerima apapun yang terjadi secara sengaja maupun tidak sengaja di dalam hidup kita.

Seperti yang kita tahu, penerimaan diri (self-acceptance) adalah suatu kemampuan individu untuk dapat melakukan penerimaan terhadap keberadaan diri sendiri, dimana melalui proses penerimaan diri yang baik juga dapat mempengaruhi cara pengambilan keputusan bagi seorang individu.

Dalam menerima diri, kita perlu sadar dan mau mengakui mengenai fakta yang ada dan terjadi pada diri kita, baik fisik maupun psikis. Sekaligus menerima dan mengakui kekurangan yang ada tanpa sedikit pun rasa kecewa ataupun menyesal maupun tanpa menyalahkan orang lain. 

Tetapi dengan adanya kekurangan tersebut, kita dapat menggunakannya sebagai kekuatan maupun fondasi dalam menjalankan keinginan kita untuk terus menerus berjuang mengembangkan diri, demi masa depan yang lebih baik.

Namun, dalam artikel ini aku sebagai penulis ingin mengajak kalian berpikir. Apakah kita adalah seorang individu yang berusaha keras menerima diri kita bagi diri sendiri atau seorang individu yang berjuang mati-matian untuk menjadi seseorang yang dicintai dan diterima di orang lain, alias “maksain kehendak kita jadi apa yang orang lain mau”.

Advertisement

Nah, kalau kalian termasuk kedalam grup orang-orang yang menjalankan itu, mulai sekarang coba deh untuk stop for awhile and think. Ayo berpikir kalau kalian terus-terusan mengubah diri kalian demi acceptance dari orang lain, lalu mau kapan kamu bisa menerima diri sendiri dengan apa adanya? 

Apalagi buat kalian yang terus-terusan menutupi kesalahan ataupun kekurangan kalian demi keliatan “keren/ hebat” di depan orang banyak.

Hidup tidak selamanya harus mendapatkan jempol ataupun tepuk tangan dari orang lain apalagi stranger yang belum mengenal pribadi kita secara baik. Hidup itu akan berjalan sesuai keinginan dan harapan kita, apabila kita sebagai individu yang menjalankannya juga menerima diri dengan tulus dan apa adanya.

Sehingga akan muncul hal-hal/ pikiran positif yang dapat menunjang adanya pemikiran untuk selalu berkembang tanpa memikirkan cuitan para masyarakat awam. Terlebih di media sosial yang terkadang lebih kejam daripada dunia nyata, loh.

Jadi, buat kalian yang benar-benar masih ragu dalam menentukan cara menerima diri kalian dan kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat.

Coba deh mulai explore kegiatan-kegiatan me-time dan aku yakin 100% kalian akan langsung paham dan jalanin hidup dengan lega dan selalu happy!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE