Pentingnya Work-Life Balance, Ternyata Hobi Bisa Menjadi Pereda Stress Loh!

Pentingnya menyeimbangkan kehidupan nyata dengan pekerjaan sehari-hari

Setiap orang pasti memiliki hobi dan kesenangan masing-masing, dimana hal tersebut dapat membuat dirinya menjadi rileks dan segala hal yang membuat kehidupan menjadi berat akan terasa ringan. Beda orang beda karakter beda juga hobinya, banyak sekali hobi yang dapat dilakukan ketika kita merasa lelah ataupun stress dengan pekerjaan yang sedang kita kerjakan seperti mendengarkan musik, membaca buku (komik, novel, buku pendidikan, atau buku lainnya), mengedit video, memfoto hal-hal yang menarik, dan masih banyak sekali hobi yang banyak diminati setiap orang.

Advertisement

Banyak juga hal yang membuat setiap orang mengalami stress atau merasa beban yang sangat berat dalam kesehariannya seperti pekerjaan yang terlalu banyak, pekerjaan yang tidak berjalan sesuai keinginan, kejadian yang tiba-tiba terjadi dan membuat mood turun drastis secara otomatis. Setiap orang memiliki level masing-masing dalam menghadapi hal-hal buruk yang dialami dan hal-hal yang memicu terjadinya stress. Ada orang yang meluapkan emosinya secara langsung, ada orang yang hanya diam ketika merasa kesal ataupun merasa kesulitan, ada juga orang yang langsung mencari solusi dan segera meredahkan rasa kesal ataupun rasa stress yang sedang di alaminya.

Kenapa meredakan stress sangat diperlukan setiap orang yang mengalaminya? Karena stress yang tak terkedali dan mengalaminya dalam jangka panjang dapat menimbulkan berbagai maslah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, depresi, atau juga dapat memicu penyakit jantung. Selain itu, stress juga dapat menimbulkan berbagai gangguan terhadap tubuh kita, seperti sakit kepala, tidak nafsu makan, nyeri pada otot, insomnia atau mengalami gangguan susah tidur, dan juga sulit untuk berkonsentrasi terhadap pekerjaannya.

Hobi adalah suatu hal yang disukai oleh hampir semua orang di dunia ini, setiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda. Itulah sebabnya menyalurkan hobi ketika kita sedang merasa lelah atau mengalami stress adalah hal yang tepat untuk dilakukan. Selain dapat meredakan stress dan lelah yang dirasakan, kita juga dapat mengasah kemampuan kita atau menambah wawasan kita di berbagai bidang yang sedang disukai atau hal yang digunakan sebagai hobi.

Advertisement

Selain melalui hobi ada beberapa cara juga yang dapat meredakan stress yang sedang dialami seperti melakukan senyum palsu, dengan bersenyum kita dapat menaikkan mood dan juga dengan melakukn senyum lebar dapat merubah aktivitas otot yang berhubungan dengan suasana hati kita, sehingga bersenyum meskipun itu adalah senyum palsu dapat bekerja untuk menurunkan rasa stress atau lelah yang sedang dirasakan.

Bermain dengan hewan peliharan juga salah satu cara untuk meredah rasa stress atau lelah, bagi orang yang memiliki hewan peliharaan pasti sering memanjakannya seperti memangkunya, memberi sentuhan halus atau bermain-main dengan hewan peliharaanya. Tak sedikit orang yang secara otomatis melakukan komunikasi kepada peliharaannya tersebut ketika merasa lelah maupun merasa stress, hal itu dapat merubah mood kita menjadi baik karena hanya dengan melihat tingkah laku peliharaan atau visualnya yang selalu dapat menarik perhatian tersebut dapat membuat suasana hati senang. Hal lain yang juga dapat mereda stress yaitu beribadah. Dengan beribadah hati dapat merasa tenang dan fikiran kacau menjadi lebih tenang ketika kita sepenuhnya berserah diri kepada yang Kuasa,dengan melakukan hal tersebut kita dapat kembali merasa tenang dan mood kembali membaik kembali.

Pekerjaan memanglah penting untuk segera diselesikan karena setiap pekerjaan yang kita terima adalah amanah yang akan menjadikan kita orang yang baik, dan beretika. Namun menyalurkan hobi juga sangat penting untuk menyeimbangkan kehidupan nyata dengan pekerjaan, sehingga kita tidak gampang merasa lelah maupun stress, dan kita dapat merasa enjoy dan senang dengan apa yang kita lakukan. Jangan biarkan stress melanda diri kita karena stres akan membuat kita tidak berdaya dan tidak bisa melakukan suatu hal dengan baik.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE