#PerempuandalamTulisan – Teguhkan Hati Menggapai Mimpi, Perempuan Juga Bebas Mengekspresikan Diri

Menjadi wanita yang tangguh. Tantangan bukan alasan untuk berhenti bermimpi.

Suatu ketika seseorang pernah berkata, jadilah perempuan yang tangguh. Jika dilihat kata-kata ini memang cukup sederhana. Namun, kata-kata ini yang justru sering terngiang di pikiranku ketika aku merasa ingin berhenti berusaha. Ada semacam kekuatan yang mendorongku untuk tetap berdiri teguh memperjuangkan mimpi-mimpi yang ku miliki. 

Advertisement

Saat masih kecil mungkin kamu juga sudah memupuk impian yang tinggi. Tetapi, banyak di sekelilingmu berkata bahwa perempuan tidak perlu bermimpi terlalu tinggi. Yah, ungkapan itu ibarat pukulan yang fatal. Mulai mengikis kepercayaan diri sedikit demi sedikit hingga impian mulai lenyap tak bersisa.

Namun kenyataannya, itulah tantangan yang harus dihadapi. Bagaimana harus bertahan dan berjuang untuk menggapai mimpi-mimpi dan mewujudkannya di kemudian hari. Sejatinya perempuan juga memiliki hak untuk mengekspresikan diri. Berusaha untuk mewujudkan mimpi itu menjadi kenyataan. Bukan hanya teringgal dalam angan-angan yang tak berujung.

Kehidupan terkadang memang terjadi di luar perkiraan. Kamu bisa saja terjatuh saat melangkah. Namun kamu juga memiliki kesempatan untuk bangkit lagi. Hanya saja kamu bisa memilih untuk berhenti atau justru bangkit dan berjuang lagi. Jalan yang ditempuh bisa membuatmu tersesat dengan berbelok ke arah yang salah. Keadaan ini juga yang membuatmu menyerah dan akhirnya melepaskan berbagai pilihan yang sebelumnya kamu ambil.

Advertisement

Di usia yang semakin dewasa seringkali tantangan yang dihadapi membuat perempuan secara perlahan mau melepas impian besarnya. Mungkin, kamu juga sedang mengalaminya saat ini. Hal seperti ini umumnya sudah sering terjadi. Tetapi percayalah, bahwa kamu sebenarnya bisa menjadi perempuan yang tangguh untuk memperjuangkan impian yang kamu miliki.

Setiap orang memiliki kebebasan untuk berbicara, tetapi kamu bisa memilih untuk mendengarkan atau tidak. Karena yang nantinya bertanggung jawab atas kehidupanmu adalah dirimu sendiri. Segala hal baik dan buruk, dirimulah yang akan merasakannya. Mereka bahkan tidak mau repot-repot menanggung segalanya bersamamu. Lalu mengapa kamu dengan mudah melepas apa yang ingin kamu raih? Jangan sampai kamu menyesal nantinya dengan memilih menyerah begitu saja hanya karena omongan orang lain.

Advertisement

Semakin dewasa, hidupmu juga akan semakin terasa berat dan melelahkan. Oleh karena itu, kamu akan cenderung memilih berada di zona nyaman. Tetapi, pikirkanlah kembali impian yang kamu miliki. Apakah kamu akhirnya memilih untuk cukup sampai disini? Tidakkah kamu merasakan bahwa hatimu ingin memberontak. Kamu perlu menjadi perempuan yang tangguh agar dapat memperoleh apa yang kamu inginkan. Yang kamu butuhkan untuk menghadapi tantangan adalah keberanian dan kepercayaan diri dalam mengambil resiko. Dengan begitu, jalan yang kamu tempuh akan menjadi lebih mudah.

Semakin dewasa kamu akan mulai menyadari bahwa ada banyak sekali prioritas yang harus kamu ambil. Segala macam rutinitas akan membuatmu semakin sibuk. Tetapi, dengan mengingat kembali tujuan awal, yaitu untuk mewujudkan impian. Maka kamu akan menjadi pribadi yang lebih tangguh. Hindari rasa pesimis yang akan membuat impianmu malah semakin menjauh. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Terkadang menyukai pilihan yang sangat beresiko.

CLOSE