Ada yang tahu tempat sejarah Lawang Sewu yang terletak di Semarang, pasti beberapa dari kalian tau dan familiar dengan tempat tersebut, yang tahu pasti dulu pernah nonton dunia lain, dimana ada uji nyali di ruang bawah Lawang Sewu tersebut dan terekam kejadian-kejadian gaib yang akhirnya membuat peserta uji nyali melambai tangannya ke kamera. Video tersebut memang sudah dikenal banyak orang karena keseramannya tapi jika kamu ke Lawang Sewu nya sekarang ruang bawah tanahnya sudah ditutup.

Ditutup karena terdapat air yang tidak dapat dihilangkan, meskipun sudah di sedot-sedot menggunakan mesin canggih beberapa kali, oleh karena itu pihak Lawang Sewu akhirnya memutuskan untuk menutupnya saja. Tapi memang ruang bawah tanah jika dilihat dari atas memang sangat gelap dan pengap, banyak orang yang tidak berani melihat dari atas karena tempat itu adalah tempat uji nyali dilakukan dan takut ada penampakan, hati-hati lho semua!

Advertisement

Selain terkenal dengan makanan dan snack khas Semarang, dengar-dengar bahwa jika di Semarang, Lawang Sewu lah tempat yang pas untuk dikunjungi, oleh karena itu orang yang liburan di Semarang disarankan untuk ke sana dan akan dapat penjelasan banyak dari guide tempatnya. Awalnya gedung luar memang terlihat tua, tetapi kata pemandu tersebut, syuting dunia lain di tempat tersebut terutama ruang bawah dan munculnya makhluk gaib adalah bagian dari perencanaan pihak mereka dan bukan benaran dari hal-hal gaib, jadi katanya tidak perlu takut.

Berdasarkan pengalaman saya waktu itu, kalian akan masuk dengan pemandu dan dibawa ke banyak lorong dan pintu-pintu yang berjumlah 429 dengan daun pintu lebih dari 1200. Akan diceritakan banyak bahwa dulunya pada tahun 1900 an, Lawang Sewu merupakan perusahaan kereta api swasta di masa pemerintahan Hindia Belanda pertama kali membuat jalur kereta api di Indonesia untuk menghubungkan Semarang dengan Surakarta dan Yogyakarta (Vorstenlanden). Ia bilang pelaksanaan pembangunan memulai dari tahun 1904 sampai 1907 dan butuh waktu 3 tahun karena, perjalan juga harus direnggakan.

Banyak juga tempat-tempat bagus untuk foto dan disimpan, seperti di ruang genteng, lorong, pintu dan tempat indah lainnya. Salah satu fotonya yang ada di atas, saya lagi berpose di jendela lantai dua dan difoto dari bawah. Jika kalian ke sana, kalian akan diajak untuk melihat pintu utama, lorong-lorong, lokasi penjara berdiri, penjara jongkok, penjara bawah tanah, ruang utama, dan di bagian ruang penyiksaan, dan asal kalian tahu, tempat-tempat tersebut adalah tempat yang paling mistis dan ditakuti oleh pengunjung. Hal yang paling seru berdasarkan pengalaman saya adalah saat mutar dan mengelilingi seluruh gedung dan mendengar informasi sejarah yang sangat menarik.

Advertisement

Untuk kalian yang mau ke Semarang jangan lupa berkunjung ke tempat bersejarah ini ya di Lawang Sewu, sangat dipastikan kalian tidak akan menyesal ke sana dan bisa juga membuat kenangan baru dengan keluarga dan teman tersayang, oh iyaa hati-hati yaa semua, nanti sampai rumah jangan-jangan ada yang ikutin lagi…….. bercanda kok. Cerita yaa perjalanan kalian di sana. Terima Kasih untuk membaca. Selamat berlibur semua.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya