Perkembangan Alat Komunikasi dari Tradisional Hingga Modern

Alat komunikasi sendiri sudah digunakan untuk berkomunikasi dengan satu sama lain sejak dahulu kala. Apa itu alat komunikasi? Alat komunikasi merupakan sarana atau alat yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh agar tidak ada hambatan dalam berkomunikasi dengan orang yang jauh. Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita semua berkomunikasi dengan orang lain baik dalam bentuk pekerjaan, pendidikan, dan sebagainya.

Advertisement

Walaupun pada zaman dahulu belum secanggih sekarang, komunikasi pada zaman dahulu menggunakan alat komunikasi yang bersifat tradisional. Alat komunikasi tradisional merupakan alat komunikasi yang bersifat konvensional dan masih mengandalkan sumber daya yang ada di sekitar kita untuk dijadikan sebagai alat komunikasi. Berikut beberapa contoh dari alat komunikasi tradisional :


  • Kentongan

Kentongan merupakan alat komunikasi yang terbuat dari bambu atau kayu berongga yang dibentuk agar memiliki lubang pada permukaan kayu tersebut. Alat ini biasanya digunakan sebagai isyarat kepada seluruh masyarakat sekitar terkait dengan keamanan wilayahnya dengan cara memukul sesuai irama agar informasi yang akan disampaikan ke masyarakat dapat diterima.

Advertisement


  • Telepon Kaleng

Telepon kaleng merupakan alat yang terbuat dari dua buah kaleng yang dihubungkan dengan tali atau benang yang berfungsi sebagai penghantar suara dari masing-masing kaleng. Alat ini juga dikenal sebagai mainan anak-anak di beberapa daerah. Namun, alat ini memiliki kekurangan. Jika jaraknya cukup jauh, maka suara yang terdengar akan kurang jelas.

Advertisement


  • Asap

Walaupun terdengar aneh, asap bisa dimanfaatkan sebagai alat komunikasi. Asap digunakan untuk memberikan isyarat kepada orang lain ketika kita sedang tersesat, atau membutuhkan bantuan.


  • Surat

Walaupun hingga saat ini surat masih kerap digunakan, pada zaman dahulu surat digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh. Masyarakat pada umumnya menuliskan surat yang berisi kabar untuk disampaikan lalu surat ini dikirim. Namun, pada zaman dahulu pengiriman surat tidak seperti sekarang. Dahulu pengiriman surat membutuhkan waktu yang lama, bahkan bisa sampai beberapa bulan dikarenakan transportasi yang ada belum secanggih sekarang.

Dibalik keterbatasan alat komunikasi tradisional, alat ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat yang ingin berkomunikasi. Seiring berkembangnya zaman, alat komunikasi juga ikut berkembang menjadi alat komunikasi modern.

Alat komunikasi modern memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan yang tradisional, seperti menggunakan teknologi modern yang membuat alat komunikasi bisa digunakan secara global dan tidak membutuhkan waktu lama untuk menyebarkan kabar kepada orang yang jauh. Berikut beberapa contoh dari alat komunikasi modern:


  • Telepon Genggam

Alat komunikasi ini, sekarang sudah menjadi andalan untuk mobilitas sehari-hari kita. Berawal dari tahun 2000-an, di Indonesia sendiri sudah mulai banyak yang menggunakan alat komunikasi ini sebagai penunjang dalam berkomunikasi. Sehingga, untuk berkomunikasi jarak jauh jadi lebih mudah dikarenakan telepon genggam ini bisa menghubungkan satu sama lain dalam waktu yang sama. Seiring berjalannya waktu, telepon genggam ini juga semakin berkembang menjadi smartphone.

Apa itu smartphone? Smartphone merupakan telepon genggam yang sudah berkembang menjadi memiliki teknologi yang lebih baru. Hal ini membuat hampir seluruh aktivitas sehari-hari kita bisa dilakukan dari smartphone seperti, melakukan transaksi belanja melalui e-commerce, menonton film, melaksanakan video conference melalui aplikasi yang tersedia, dan masih banyak lagi.


  • Surat Elektronik

Surat elektronik atau yang biasa disebut e-mail juga bisa dikatakan sebagai alat komunikasi modern. Pada zaman dulu untuk mengirim surat diperlukan waktu untuk surat tersebut sampai kepada penerimanya. Namun seiring berkembangnya zaman, surat elektronik mulai digunakan untuk menyampaikan surat dikarenakan tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengirim surat. Untuk mengirim surat secara elektronik ini cukup dengan memasukkan alamat e-mail penerimanya, dan surat langsung terkirim melalui jaringan internet. Sehingga, surat dapat langsung sampai kepada penerimanya.


  • Televisi

Televisi dapat berfungsi sebagai sarana penyampaian berita secara meluas yang membuat penyebaran berita tersebut dapat menjadi lebih cepat dan merata. Perkembangan televisi juga cukup banyak dalam kemajuannya. Awalnya, televisi hanya bisa menampilkan warna hitam dan putih saja. Namun pada akhirnya, televisi bisa menampilkan warna seiring dengan perkembangan teknologi.

Pada saat ini, produsen televisi bahkan sudah banyak yang menawarkan smart TV. Apakah itu? Smart TV merupakan televisi yang memiliki teknologi berbasis seperti smartphone yang membuat televisi jadi memiliki fungsi lebih dibandingkan televisi biasa seperti, bisa merekam acara televisi yang terlewat, menyambungkan smartphone kita dengan televisi agar dapat mengontrol dari telepon genggam kita, dan masih banyak lagi.

Alat komunikasi sudah menjadi teman kita dalam melakasanakan kehidupan sehari-hari kita. Berawal dari alat komunikasi tradisional yang masih memiliki keterbatasan, hingga alat komunikasi modern yang membuat kita berkomunikasi menjadi lebih mudah.

Dengan adanya alat komunikasi ini, manfaat yang kita dapat pun banyak. Mulai dari mengetahui kabar lebih cepat, dapat bersilaturahmi dengan kerabat atau saudara yang jauh, bahkan bisa terhubung dengan dunia luar dengan memanfaatkan alat komunikasi modern ini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE