Persaingan Brand Ambassador e-Commerce di Indonesia yang Membuat Penggemar Dilema

Berbicara persaingan bisnis di Indonesia, tentu e-commerce akan menaklukan hati pembeli dengan berbagai cara. Mereka akan mengabulkan permintaan masyarakat baik itu untuk kepuasan pembeli dan juga penjual. Seperti yang kita ketahui, saat ini di Indonesia berbagai e-commerce telah menggunakan artis luar untuk menjadikannya brand ambassador. Tentu saja hal tersebut akan banyak memikat hati para pembeli, khususnya para penggemar. Namun, dengan banyaknya e-commerce yang menggunakan artis luar atau lebih tepatnya idol korea, akankah masyarakat menjadi dilemma untuk berbelanja di toko-toko tertentu?

Advertisement

“Kalau aku sih yang pasti lebih suka belanja di tempat yang banyak gratis ongkir, ya. Kalau di Shopee nggak ada free ongkir, ya aku beralih ke toko sebelah, hehe,” ungkap Fitri, salah satu penggemar BTS

Pada tahun 2021 ini, banyak kalangan remaja yang masuk kedalam dunia K-Pop atau Korean Pop. Terutama boyband dan film drama Korea yang terus membuat penggemar histeris setiap harinya. Kepopularitasan dan talenta mereka lah yang menggaet para penggemar. Tak hanya itu, perusahaan start-up pun pasti mempunyai alasan tertentu untuk menjadikan beberapa idol korea sebagai brand ambassador.

Jawaban yang sudah pasti ialah loyalitas penggemar kepada sang idola. Banyak penggemar di luar sana yang rela membeli apa yang idolanya kenakan, baik itu berupa pakaian, makanan atau minuman, dan peralatan lainnya. Dari situlah perusahaan start-up mengetahui bagaimana cara mengambil hati penggemar untuk menggunakan layanan marketplace yang tersedia.

Advertisement

Membawa artis luar, khususnya idol korea untuk menjadi brand ambassador di e-commerce Indonesia, membuat nama toko dan omset penjual menjadi naik. Namun, banyak dari penggemar yang masih menggunakan satu marketplace saja untuk berbelanja dan berjualan karena fitur yang mudah digunakan, serta alasan lainnya ialah banyaknya pembeli yang menggunakan aplikasi tersebut untuk berbelanja.

“Mungkin karena di Shopee fitur nya mudah digunakan dan banyak pembeli dari kalangan wanita, ditambah mereka yang suka shopping. Jadi kalau belanja di tempat lain suka bingung gunainnya,” ucap Putri saat diwawancara

“Kalau masalah loyalitas, pasti tetep setia sama idola ya. Kadang balance lah, bisa belanja di shopee ataupun toko sebelah. Dan kalau dibilang dilemma, pasti iya. Karena aku aja seringnya pake shopee buat belanja, hehehe,” tambah Fitri diakhir bicara

Tokopedia x BTS

Siapa yang tidak asing mendengar boyband yang beranggotakan 7 personel asal korea selatan ini? Dengan kerja keras dan talenta mereka dapat membawa sisi positif bagi para  penggemar di seluruh dunia. Bangtan Sonyeondan atau kerap disapa BTS telah menjadi brand ambassador di Tokopedia sejak tahun 2019.

Para penggemar tentu senang dan antusias mendengar kabar tersebut. Dengan taktik perusahaan dan pilihan idol yang tepat, Tokopedia mampu men-sukseskan hati para penggemar. Pada tahun 2021, Tokopedia kembali meresmikan BTS sebagai brand ambassador.

Namun, di tahun ini, Tokopedia memiliki cara baru untuk mengunggah pembeli berbelanja di e-commerce tersebut. Cara ini ialah dengan pembeli berbelanja minimal Rp. 50.000 di toko yang bertuliskan bebas ongkir xtra, dan tentunya pembeli akan mendapatkan barang benefit berupa photocard eksklusif yang hanya tersedia di Tokopedia.

Yang biasanya penggemar berbelanja selain di Tokopedia, namun saat ini ia dapat menggunakan aplikasi Tokopedia lebih sering karena benefit yang didapat. Dengan begitu, penggemar BTS atau yang disebut Army tetap berpegang loyalitas mereka terhadap sang idola.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2019

CLOSE