Pesona Air Terjun Kapas Biru di Lumajang, Yakin Nggak Mau ke Sini?

Pesona Air Terjun Kapas Biru di Lumajang

Travelling adalah sebuah kegiatan yang perlu untuk dilakukan, fungsinya adalah untuk menghilangkan atau mengurangi beban stress setelah lama bekerja, kuliah atau rutinitas lainnya. Travelling tidak perlu dilakukan jauh-jauh dengan mengeluarkan budget yang tidak sesuai isi kantong. Karena itu akan membuat kalian lebih stress atau terbebani dengan budget yang kurang. Nah kali ini, ada tips satu tempat wisata yang terletak di Kec. Pronojiwo Kab. Lumajang. Kec. Pronojiwo ini berada di Lumajang barat-selatan, berbatasan dengan Kec. Ampelgading yang masuk Kab. Malang.

Advertisement

Rute untuk menuju Air Terjun Kapas Biru ini apabila ditempuh dari arah Lumajang maka setelah  300 meter setelah lapangan pronojiwo, setelah persimpangan kemudian ambil kiri ( ada banner sebelah kiri jalan bertuliskan Air Terjun Kapas Biru ). Namun apabila dari arah Malang, untuk menuju lokasi Air Terjun Kapas Biru ini bias melalui Malang – Turen – Dampit – Pronojiwo, cari kantor polisi Pronojiwo, tidak jauh dari polsek ada jalan tikungan ( ada banner sebelah kanan jalan bertuliskan Air Terjun Kapas Biru ) ada jalan cor di sebelah kanan dan ikuti jalan cor sampai mentok di ujung jalan. Apabila dari Malang untuk menuju Air Terjun Kapas Biru ini bias ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 sampai 3 jam saja. Kondisi jalan sudah lumayan baik sehingga dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Sangat mudah untuk menuju ke tempat wisata Air Terjun Kapas Biru yang masih sedikit diketahui oleh orang-orang banyak.            

Untuk menuju tempat air terjunnya, kita bisa menitipkan kendaraan kita ditempat parkir, dengan hanya membayar Rp. 5.000. lalu setelah menitipkan kendaraan di rumah warga, kalian bisa memulai menempuh perjalanan 1 KM dengan kondisi jalan yang lumayan ekstrim. Namun tenang saja para warga sudah membuat titik-titik penunjuk jalan dan pengaman berupa kayu yang disanggah, tangga, dan juga pijakan kaki yang bisa membantu menuruni tempat yang tinggi. Seiring perjalanan kalian akan disuguhkan dengan jalur yang belum terjamah dengan perbaikan kondisi jalan. Namun, walaupun perjalanannya ditempuh sangat berat. Sepanjang perjalanan kalian akan ditemani oleh hamparan sawah yang luas, hijau-hijau rerumputan, jembatan dari bambu dan juga udara yang segar yang sepanjang jalan dapat kita hirup dengan bebas. Di perjalanan kalian bisa berhenti sejenak untuk sekedar duduk-duduk beristrirahat, kalian bisa duduk di beberapa titik tempat yang beranyaman bambu berfungsi untuk tempat istrirahat. Dan jika sepanjang perjalanan kalian merasa haus, tak perlu khawatir mencari air. Cukup sediakan botol isi ulang yang ramah lingkungan untuk mengambil air yang mengalir di pipa dari mata air pegunungan atau dari air terjun secara langsung.            

Advertisement

Setelah melewati tracking atau jalur menuju air terjun kapas biru, kalian semua harus siap melihat keindahan semesta yang menunggu kalian. Di sana kalian bisa bermain air dibawah air terjun langsung atau hanya bermain di pinggiran air dengan duduk di atas batu besar. Hamparan bebatuan dan hijaunya lumut-lumut disekitar air terjun menambah kesejukkan alami air dan udara yanga ada. Apalagi cipratan dari air terjun yang berbenturan dengan batu-batu cukup membuat kalian segar. Senang mengambil objek foto tentang wisata alam. Karena tempat ini masih alami dan belum terlalu terkotori oleh tangan-tangan jail yang berniat merusak dan kalian bisa mengajak siapa saja tidak hanya pasangan kalian, teman, sahabat, saudara, dan juga orang tua kalian bisa dilakukan. Karena dengan begitu kalian bisa mengetahui karakter dan lebih punya banyak waktu untuk jalan-jalan bersama mereka.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kalau Ga Nulis, Ya makan

CLOSE