Hai manteman, siapa sangka Pulau Bintan, salah satu pulau di Povinsi Kepulauan Riau yang menyimpan sejuta pesona keindahan lautnya ternyata juga memiliki pesona danau alami yang luar biasa cantik lho. Di Bintan ini selain menyediakan berbagai resort yang dilengkapi dengan layanan menginap yang mewah serta fasilitas yang lengkap, juga memiliki wisata air yang ramah di kantong untuk para backpacker (kayak aku) salah satunya yaitu Gurun Pasir Telaga Biru.

Asal Usul Gurun Pasir dan Telaga Biru

Advertisement

Telaga Biru ini terletak di gurun pasir, kok bisa ada gurun pasir di Indonesia? Iyaa sebenarnya gurun pasir ini berasal dari bekas tambang galian pasir yang udah nggak beroperasi lagi, jadii material pasir yang nggak terpakai di sekitar lokasi membuat tempat tersebut seperti layaknya gurun pasir, sedangkan lubang-lubang galian pasir itu lambat laun terisi oleh air hujan. makanya warna air di danau atau telaga itu sangat jernih agak kebiruan atau cenderung ke toska ya malahan, pokoknya nyegerin mata bangett. Di lokasi Gurun Pasir Telaga Biru ini ada dua buah danau yang terbentuk dan letaknya cukup dekat sekitar 500 m.

Letak dan Rute Mencapai Lokasi

Gurun Pasir Telaga Biru ini terletak di Desa Busung, Kecamatan Tanjung Uban, Kabupaten Bintan. Untuk manteman yang tinggal di Bintan atau kabupaten lain di Kepri pasti udah tahu dan nggak bakalan susah nemuin lokasi ini. Tapi gimana yang luar Kepri? Kalo dari luar Kepri bisa ditempuh dengan perjalanan laut atau juga udara. Kalo lewat laut bisa dari Pelabuhan Tanjungpinang atau Pelabuhan Tanjung Uban, dari pelabuhan Tanjungpinang lama perjalanan sekitar 45 menit-1 jam, sedangkan kalau lewat Pelabuhan Tanjung Uban hanya perlu waktu 15 menit aja.

Advertisement

Dan kalau lewat transportasi udara bisa lewat Bandara Hang Nadim di Batam lanjut nyebrang ke Pelabuhan Tanjungpinang atau ke Tanjung Uban tadi atau juga bisa langsung ke bandara RHF di Tanjungpinang, perjalanan dari bandara Tanjungpinang ini cukup memakan waktu sekitar 45 menit aja.

Gurun Pasir Telaga Biru lokasinya gampang banget dicapai karena letaknya di pinggir jalan, dan apalagi sekarang udah ada GPS, sambil merem aja sudah sampai lah yaa hehe. Dan setelah sampai lokasi, untuk masuk ke Gurun Pasir Telaga Biru kita nggak perlu bayar tiket cukup bayar uang parkir sepeda motor Rp2000,00 dan untuk mobil Rp5000,00 cukup murah kan yaa?

Instragamable

People zaman now kalo berkunjung ke tempat wisata nggak bakalan lengkap kalo nggak foto-foto trus di upload ke Instagram yaa. Di Gurun Pasir ini juga di sediakan spot foto menarik dimana terdapat replika unta, hati, bahkan kuda, di mana setiap foto dikenakan biaya Rp2000,00 – Rp10.000,00. Sedangkan di Telaga atau Danau biru setiap satu spot foto di kenakan biaya Rp5000,00 per dua orang foto sepuasnya.

Selain spot foto di Gurun Pasir Telaga Biru juga di sediakan wahana permainan air yaitu cano perahu bebek di mana biaya sewa Rp15.000,00-Rp20.000,00, dan juga jasa sewa atv, untuk manteman yang malas berjalan mengelilingi gurun pasir dan dua danau atau telaga bisa menyewa jasa atv ini, cukup bayar Rp50.000,00 per 30 menit. Bagi manteman yang pengen belajar memanah di sini juga di sediakan wahana memanah dimana cukup membayar Rp10.000,00 saja per 5 kali tembakan.

Nah itu dia sedikit infomasi tentang Gurun Pasir Telaga Biru dan bagi manteman yang belum pernah ke sini dan penasaran banget yuk ah di agendain liburan bareng orang-orang tersayang ke Gurun Pasir Telaga Biru.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya