Pesona Jawa Tengah dari 3 Kota Populernya

Tapi tidak hanya di Semarang, masih banyak wisata alam yang ada di provinsi ini loh!

Apa yang pertama terbesit di benak Anda saat mendengar daerah Pulau Jawa? Pasti ada beberapa yang langsung tertuju ke Yogyakarta. Banyak orang yang mengenal Pulau Jawa dari kota pelajar ini. Namun, Pulau Jawa tidak hanya Yogyakarta saja. Masih ada Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Kota besar lainnya. Dengan beragam ciri khas dan budaya dari daerahnya masing-masing

Advertisement

Lalu, jika berbicara tentang Jawa Tengah apa yang terbesit di benak Anda? Apakah suasana pedesaan? Itu sudah pasti. Karena masih banyak sawah yang ada di Jawa Tengah. Jawa Tengah terdiri dari 6 kota besar dengan ibukota Provinsinya yaitu Semarang. Semarang memiliki banyak destinasi wisata alam yang sangat indah untuk dikunjungi. Seperti, air terjun, gua, dan beberapa pantai. Tapi tidak hanya di Semarang, masih banyak wisata alam yang mungkin belum banyak warga luar Jawa Tengah yang belum mengenal wisata di daerah Jawa Tengah tersebut. Di bawah ini daftar kota dengan destinasi wisata yang cukup banyak


Wonosobo


Kabupaten Wonosobo di Jawa Tengah ini memiliki daerah dengan luas 33 km². Kabupaten Wonosobo berbatasan dengan Kabupaten Temanggung dan Magelang di sebelah timur, lalu Kabupaten Purworejo di sebelah selatan, lalu Kabupaten Batang dan Kendal di sebelah utara, dan Kabupaten Banjarnegara dan Kebumen di sebelah barat. Kabupaten Wonosobo sangat dikenal karena adanya desa wisata Dieng yang alamnya sangat menyejukkan mata. Tidak hanya menyejukkan mata, tapi juga badan.

Advertisement

Karena di desa wisata Dieng udaranya sangat sejuk yang disebabkan karena banyaknya pegunungan di daerah tersebut. Seperti gunung Prau, gunung Sumbing, dan gunung Sindoro. Namun selain desa wisata Dieng, masih banyak destinasi wisata yang ada di kabupaten Wonosobo ini. Salah satu destinasi wisata yang ada di kabupaten Wonosobo yaitu pemandian air panas. Karena udara di Wonosobo ini terbilang dingin, jadi destinasi pemandian air panas sangat disukai pengunjung yang bermain ke daerah Wonosobo ini.


Magelang


Advertisement

Kabupaten Magelang merupakan pembatas antara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan Jawa Tengah. Jadi tidak heran apabila banyak yang menyangka bahwa Magelang itu sudah masuk ke Jawa Tengah. Di Magelang ini destinasi wisata yang paling dikenal adalah Candi Borobudur. Semua sudah tahu tentang Candi Borobudur ini karena termasuk dalam 7 keajaiban dunia. Jadi, tidak heran apabila Candi ini begitu ramai dikunjungi banyak wisatawan setiap harinya. Karena Candi Borobudur itulah, Magelang sangat dikenal dengan wisata dengan nuansa historisnya. Namun, tidak hanya Candi Borobudur yang bisa dijadikan destinasi wisata. Karena di Magelang ini banyak makanan dengan cita rasa yang khas. 


Temanggung


Temanggung tidak mau kalah dengan kota Magelang dan kabupaten Wonosobo. Temanggung merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan dengan kabupaten Kendal di sebelah utara, lalu dengan kota Semarang di sebelah timur, lalu dengan kota Magelang di sebelah selatan, dan kabupaten Wonosobo di sebelah barat. Kabupaten Temanggung ini wisata alamnya kurang dikenal oleh banyak wisatawan. Karena Temanggung hanya sering dilewati oleh para pendaki gunung. Karena jalur pendakian gunung Sumbing dan Sindoro berada di kabupaten Temanggung ini.

Namun, ada yang paling dikenal dari kabupaten Temanggung ini selain sebagai jalur pendakian, yaitu hasil bumi. Salah satunya adalah tanaman tembakau. Maka dari itu, banyak kebun tembakau yang ada di kabupaten Temnaggung ini. Kebun tembakau bisa dijadikan destinasi wisata dengan hasil foto yang indah diantara perbukitan. Karena banyaknya kebun tembakau di Temanggung ini, tembakau dari Temanggung ini sering digunakan sebagai bahan pembuatan rokok. Jadi, provinsi Jawa Tengah menjadi salah satu supplier bahan baku rokok, karena hasil tembakau dari kabupaten Temanggung. 

Itulah kota atau daerah di Jawa Tengah yang memiliki destinasi wisata yang bisa dikunjungi dan pasti masih harus ditelusuri lagi destinasi wisata lain dari Jawa Tengah. Jadi, apakah Anda sudah mencari dan menentukan destinasi liburan Anda? Tapi ingat, liburannya setelah pandemi selesai ya. Agar bisa menikmati pesona keindahan Jawa Tengah dengan tenang dan nyaman.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE