Kalau yang kamu cari adalah keindahan alam, namun nggak sama dengan pantai lain, sudah bosan dengan hamparan pasir dan renang di air laut, cobalah kunjungi Pantai Timang, karena di sini menu utamanya adalah karang di tengah laut yang hanya bisa dicapai dengan naik kereta gantung. Perjuangannya itu yang bakalan sulit kamu lupakan. Apa saja yang menarik di Pantai Timang? Berikut ini kita bahas dengan segala yang berkaitan dengan pantai di Gunung Kidul ini.


  • Bukit Karang di Pulau Timang, Daya Tarik Pertama yang Mengundang Wisatawan

Advertisement

Hal yang paling menonjol dan menjadi ikon di Pantai Timang bukanlah pasir atau air lautnya, melainkan bukit karang besar di sebuah pulau di seberang pantai. Untuk menuju ke bukit karang itu membutuhkan bantuan alat yang cukup ekstrim, yaitu gondola/kereta gantung.


  • Naik Gondola, Kereta Gantung Tradisional yang Bakalan Membuat Kamu Kangen Mengulangi lagi

Pulau di seberang Pantai Timang merupakan tempat para nelayan mencari udang lobster. Untuk menuju pulau itu mereka harus melalui sebuah kereta gantung yang ditarik secara manual. Ganasnya ombak pantai selatan dan banyaknya karang tidak memungkinkan nelayan untuk membawa perahu ke Pulau Karang tersebut. Akhirnya kereta gantung mautlah solusi satu-satunya.

Advertisement

Siapa sangka, justru kereta gantung itu menjadi daya tarik wisata yang khas. Wisatawan mulai berdatangan dan ingin mencoba naik.


  • Apa Saja yang Bisa Dinikmati di Pantai Timang Selain Naik Gondola?

Selain naik kerta gantung/gondola, kita juga bisa menyeberang ke Pulau Karang atau bukit karang dengan jembatan gantung. Wahana ini nggak kalah serunya dan baru dibangun untuk menunjang daya tarik wisata Pantai Timang. Di Bukit Karang juga sudah disediakan beberapa tempat untuk selfie.

Kalau kamu tidak berani naik gondola ataupun jembatan gantung, maka keindahan Pantai Timang yang lain pun bisa dinikmati. Ada bagian lain dari Pantai Timang yang berpasir putih dan indah, cukup untuk membuang rasa penat. Selanjutnya kamu juga bisa menikmati nikmatnya udang lobster segar hasil tangkapan nelayan. Harganya lumayan mahal, namun sebanding dengan nikmatnya, yaitu sekitar Rp.350.000 per kilogramnya.


  • Penasaran? Ini Rute Ke Pantai Timang

Lokasi Pantai Timang sekitar 50 km dari pusat Kota Yogyakarta dan memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam. Lokasinya berada di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Rute ke Pantai Timang dari kota Jogja dimulai dengan mengambil jalan ke arah Wonosari sampai ke pusat Kota Wonosari. Lalu ambil jalan arah ke Pantai Baron sampai pertigaan Mulo. Beloklah ke kiri menuju Pantai Siung, sampai Pasar Dakbong. Dari situ sudah ada papan penunjuk jalan ke Pantai Timang. Oh ya, siap-siap saja menempuh jalan yang belum mulus, soalnya jalan ke Pantai Timang masih berupa jalan berbatu.


  • Harga Tiket, Naik Gondola dan Naik Jembatan Gantung

Sebenarnya, tiket masuk Pantai Timang tergolong murah. Hanya Rp5.000 sudah termasuk untuk parkir motor. Kamu baru merogoh kocek makin dalam kalau mau naik gondola atau menyeberang lewat jembatan gantung ke Pulau Timang. Naik Gondola, persiapkan Rp150.000 untuk berangkat dan pulangnya. Kalau naik jembatan gantung, siapkan Rp100.000. Lumayan mahal, ya.

Sayangnya hingga kini fasilitas penunjang wisata di Pantai Timang masih minim. Fasilitas terbaru masih berupa instalasi panel listrik tenaga surya supaya malam hari tidak gelap. Warung makan juga tidak ada di sekitar pantai. Oleh karena itu, untuk berwisata ke Pantai Timang Gunung Kidul persiapkan bekal dan perlengkapan pribadimu. Meskipun tidak ada fasilitas yang memadai, tapi penduduk di sini ramah-ramah dan siap menerima kedatanganmu. Selamat berwisata ekstrim.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya