Kerajaan Bersatu Britania Raya, atau lebih dikenal Kerajaan Britania Raya, merupakan negara kesatuan yang diatur dibawah monarki konstitusional dan sistem parlementer, dengan pusat pemerintahan di kota London. Britania Raya memiliki empat negara dalam kedaulatannya yang masing-masingnya berdiri sendiri, yaitu Inggris, Irlandia Utara, Wales, dan Skotlandia.

Dalam catatan sejarah, Britania Raya menjadi penguasa dunia pada abad ke 19 dan awal abad 20. Jejak keindahan dan peninggalan bangunan bersejarah berabad-abad lampau, masih meninggalkan pesonanya sehingga indah dinikmati dan berkas-berkas kejayaan Britania Raya masih dapat dirasakan hingga kini.

Advertisement

Pesona heritage dan tentu saja panorama dari negara-negara kawasan Britania Raya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta travelling. Bagi penikmat travelling, baik seorang backpacker hingga jet set traveller, rasanya sudah tentu bahwa menjelajahi kota-kota di dalam wilayah Britania Raya akan menjadi salah satu “travel bucket list before you die” mereka, mulai dari Inggris, Irlandia Utara, Wales, dan Skotlandia.

Anda masih ingat film epik kolosal “Braveheart”, kira-kira mungkin itulah yang dapat menggambarkan kekuatan dan kejayaan negara-negara anggota dari Britania Raya di masa lalu.

Kejayaan dan kemegahan ini masih dapat dirasakan “ruh” nya hingga kini pada bangunan bersejarah dengan gaya “gothic” atau “neo-gothic” khas arsitektur Britania Raya pada masanya.

Advertisement

Inggris, yang terkenal dengan beberapa negara jajahannya di berbagai belahan dunia, juga menyimpan cerita bersejarah yang masih dapat kita nikmati keindahannya pada mahakarya arsitektur bangunan peninggalan bersejarah.

Sebut saja Westminster Abbey tempat berlangsungnya Royal Wedding kerajaan yang menjadi “wedding of the year” pada tahun 2011, siapa lagi kalau bukan Prince William & Kate Middleton, Buckingham Palace, Thames River, London’s Bridge, The Beatles crossing zebras Abbey Road, dan apalagi kalau bukan ikon kebudayaan Inggris sepanjang masa “Big Ben Timepiece” yang saat ini berfungsi sebagai gedung parlementer.

Jika para gadis-gadis pada masa kecilnya bermimpi menjadi seorang permaisuri di cerita-cerita dongeng kerajaan dan mengunjungi kerajaan-kerajaan yang kerap diilustrasikan di cerita dongeng, maka sudah seharusnya Kerajaan Britania Raya menjadi salah satu “travel wishlist” mereka di kemudian hari.

Tentu saja selain bangunan bersejarah, negara-negara kawasan Britania Raya juga merupakan rumah bagi kastil-kastil megah nan mewah pada jamannya. Kastil Dunbroch dari film terkenal “Brave” besutan rumah produksi animasi terkenal Disney’s, merupakan inspirasi dari Kastil Dunnottar di Stonehaven, Skotlandia.

Negara-negara Britania Raya terutama Inggris, Skotlandia, dan Irlandia Utara merupakan salah satu negara terbaik untuk dikunjungi di tahun 2017 menurut beberapa surat kabar international, salah satunya Travel+Leisure Magazine.

Pamor yang cukup stabil sebagai salah satu destinasi terbaik membuat jangkauan menuju Britania Raya menjadi cukup aksesible, dengan tersedianya penerbangan langsung dari beberapa kota besar di berbagai belahan dunia.

Menghabiskan waktu untuk mengunjungi kota-kota cantik di sekitar Britania maupun, di masing-masing Negara tentunya juga sangat bergantung pada akomodasi yang hendak dipilih selama perjalanan wisata. Tempat-tempat destinasi tersebut menawarkan berbagai macam paket menginap maupun perjalanan wisata dengan harga yang bersaing.

Jika anda merupakan salah satu penikmat “travel with style”, jika berkunjung ke London dan ingin merasakan tinggal di salah satu akomodasi yang bersejarah, silakan mencoba mengunjungi Hotel Café Royal yang terletak di lokasi prestisius, tepat di jantung kota London. Hotel Café Royal merupakan bangunan bersejarah dan memiliki sejumlah pelanggan terkenal mulai dari anggota kerajaan hingga selebritis semenjak 1890. Hotel bintang lima ini hingga kini masih mempertahankan fasilitas dan kenyamanannya dengan kemegahan dan kemewahan bergaya khas Inggris.

Jika akomodasi biasa terlalu membosankan bagi seorang petualang sejati dan membutuhkan adrenalin dalam setiap petualangan, maka mungkin anda bisa mencoba opsi menginap di tebing yang terletak di Snowdonia, Wales Utara. Dengan bantuan agen penyedia jasa khusus anda dapat menikmati indahnya laut sambil bermalam di dinding tebing.

http://sumber: http://www.gaiaadventures.co.uk/individual-courses/cliff-camping/cliff-camping/

Selain bangunan bersejarah Britania Raya juga menawarkan panorama alam spektakuler yang tersebar di negara-negaranya.

Anda penggemar serial TV HBO ‘Game of Thrones’ ? Maka anda akan dibuat penasaran d pada scene-scene di serial tersebut hingga sulit mempercayai bahwa tempat tersebut asli, berkunjunglah ke “The Dark Hedges” di Co.Antrim’s ,lorong jalanan cantik yang berada diantara pepohonan berumur 200 tahun.

sumber: https://www.femcafe.hu/cikkek/vilag/romantika-utak-setanyok-fak-termeszet-alagutak-akac-eszak-irorszag-japan

Panorama terindah yang mungkin menjadi impian banyak traveller untuk melihat adalah aurora borealis atau ‘northern lights’ di Skotlandia. Waktu terbaik untuk melihat ‘cahaya utara’ ini adalah pada saat musim gugur dan musim dingin di saat langit cerah di daerah Wick di Caithness dan Galloway Forrest Park. Tempat lainnya yang merupakan spot terbaik memandang aurora borealis adalah Aberdeenshire, The Cairngorms, Angus, dan Ranoch Moor.

sumber: https://www.mirror.co.uk/news/uk-news/you-could-glimpse-northern-lights-9569958

Selain keindahan alamnya, Britania Raya juga memiliki beberapa event kelas dunia, yang sudah menjadi pertunjukan tahunan dan menjadi incaran banyak traveller di dunia, Up Hely AA Festival salah satunya. Event yang kerap diadakan di bulan Januari setiap tahunnya di Shetland Island, Skotlandia. Festival ini menandai berakhirnya masa Natal dengan ditampilkannya pertunjukan api-api an.

sumber: www.davegifford.co.uk

Setelah panorama, festival, bangunan bersejarah, lalu apa lagi yang tersisa dari Britania Raya?

Tentu saja kurang lengkap jika tidak menikmati kuliner khas Britania Raya, kuliner yang terkenal juga sangat dipengaruhi oleh kebudayaan gaya hidup para bangsawan kerajaan yaitu High Tea atau Afternoon Tea.

Menikmati High Tea dengan gaya yang cukup ‘fashionable’ sesuai dengan sejarahnya dapat ditemukan di beberapa coffee shop di kota-kota. Dimana anda dapat merasakan High Tea dengan gaya kerajaan di United Kingdom, coba kunjungi The Rosebery Lounge di London, The Edgbaston Birmingham, dan masih banyak lagi.

sumber: https://www.bbcgoodfood.com/content/best-afternoon-teas-uk

Terlalu ‘pegal’ mengikuti gaya khas bangsawan hanya dengan meneguk secangkir teh? Mungkin mengunjungi pub atau bar terkenal dan direkomendasikan dapat menjadi pilihan kunjungan terakhir di jadwal padat anda mengunjungi kota-kota indah di Britania. Mampirlah sejenak ke Horse & Groom Pub di Gloucestershire, Original Sin di London sambil berkenalan dengan penduduk setempat, bercerita petualangan anda, dan menghabiskan malam dengan ditemani beer dingin yang dinginnya seperti sebuah pepatah Inggris: ‘as cold as an Englishman jokes’

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

sumber: http://www.gq-magazine.co.uk/gallery/best-bars-in-the-uk

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya