Petik Pelajaran yang Didapatkan oleh Maudy Ayunda Setelah Lulus S2

Setelah lulus S2nya di Stanford University,  Amerika Serikat.  Maudy Ayunda membagikan vidio di Youtube pribadinya dengan judul My Stanford Graduation What I Learned. Dalam video yang berdurasi tiga belas menit dua puluh dua detik itu, Maudy berbagi pengalaman yang istimewa dan pelajaran-pelajaran hidup yang tertanamkan.

Advertisement

Pertama, Maudy belajar beradaptasi dan berubah. Dimasa pandemi, kampusnya sekejap menjadi sunyi senyap karena sistem belajar berubah, kelas zoom mengambil alih sehingga ia harus menyesuaikan. 

Kedua, belajar benar-benar menghargai alam bebas. Maudy belum pernah begitu nyaman berada dibawah terik matahari namun saat disana dia menjadi suka lalu belajar hiking dan memedam kan diri dari dunia yang penuh aktivitas. Stanford menghidupkan kecintaan lama Maudy pada berlari. Selama disana dan pandemi Maudy berusaha aktif dan memiliki goal untuk berjalan sepuluh ribu langkah. 

Ketiga,  belajar mencari inspirasi dari orang-orang. Di Stanford teman sekelas Maudy terdiri dari empat ratus orang yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat sehingga menawarkan perspektif dan cerita yang berbeda-beda. Sehingga Maudy memiliki keinginan untuk membuat perubahan. Seperti quotes Stanford "Change Lives, Change Organization,  and Change The World".

Advertisement

Terakhir, Maudy belajar bahwa hidup adalah lebih dari hal-hal besar. Maudy juga mengungkapkan perasaannya dimana dia senang berkuliah di sana, merasa terharu dan sedih untuk berpisah. Dari vidio tersebut beberapa kutipan muncul dan dapat kita petik pelajarannya. Berikut kutipan dari Maudy. 

1. "Sebenarnya yang tahu diri kita sendiri itu kita.  Kita harus melindungi ke otentik-an kita dan siapa sebenarnya diri kita. " 

Advertisement

2. "Hidup adalah lebih dari hal-hal besar.  Lebih dari sekedar pencapaian dan Milestone. Tapi tentang udara yang kita hirup langkah yang kita ambil,  dan tawa yang dibagi dengan orang terdekat."

3. "Orang yang gak bisa menerima kritik itu rugi berat,  karena itu kesempatan untuk tumbuh dan memperbaiki sebuah hubungan."

4. "Aku hanya ingin bahagia dan membuat banyak orang tersenyum." 

Yang paling penting itu kita mengenal diri kita sendiri dan kalau kita menginginkan sesuatu, kita harus mengejarnya. Banyak pemikiran-pemikiran yang mengatakan kepada Maudy "Ngapain S2?, ngapain perempuan pendidikannya tinggi-tinggi kalau misalnya nanti ujung-ujungnya dirumah?". Maudy menolak akan pemikiran-pemikiran tersebut karena "Aku kenal diriku sendiri dan aku tahu hidup seperti apa yang ingin aku jalani". Ujar Maudy di videonya. 

Di akhir video Maudy berpesan "Teman-teman harus berjuang untuk keyakinan diri sendiri".

Jadi teman-teman, apapun impian kita maka kejarlah terus,  jangan pernah menyerah ya. Mungkin ada orang-orang yang berkata negatif, dan menjatuhkan tapi jangan pernah kita untuk fokus dan medengarkan perkataan itu karena yang menjalani semua adalah diri kita sendiri bukan mereka.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE