Puding Daun Kelor: Inovasi Baru Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui yang Malas Makan Sayur

ASI (Air Susu Ibu) merupakan sumber nutrisi utama untuk tumbuh kembang bayi. Pada penerapan ASI eksklusif, bayi dari usia 0–6 bulan hanya minum ASI saja, tanpa tambahan makanan atau minuman apapun. Sehingga, gizi bayi, khususnya bayi usia di bawah 6 bulan, sangat bergantung pada ASI.

Advertisement

Melihat betapa pentingnya peranan ASI untuk bayi, tentu para ibu berharap pengeluaran ASI-nya lancar sehingga dapat memenuhi kebutuhan bayinya. Namun, tidak semua ibu memiliki pengeluaran ASI yang lancar. Beberapa ibu mungkin perlu makanan khusus yang berkhasiat memperlancar dan meningkatkan produksi ASI. Salah satu contohnya adalah daun kelor.

Menurut penelitian dari Maharani 2020, daun kelor memiliki khasiat melancarkan dan meningkatkan produksi ASI karena didalamnya mengandung zat yang disebut fitosterol. Selain itu, dikutip dari Maternity 2021, ada juga khasiat lain daun kelor bagi ibu menyusui, yaitu mencukupi kebutuhan kalsium, mengembalikan energi, berperan dalam pembekuan darah pasca melahirkan, serta memelihara kesehatan rahim.

Dahulu masyarakat mengonsumsi daun kelor dengan cara dimasak menjadi sayur sop atau sayur bening. Dengan adanya kemajuan teknologi, saat ini daun kelor telah dapat berinovasi menjadi puding yang sehat dan lezat.

Advertisement

Dengan mengolah daun kelor menjadi puding, tidak akan merusak khasiatnya. Terbukti dari penelitian Maharani 2020, bahwa ibu yang mengonsumsi puding daun kelor selama 7 hari mengalami peningkatan produksi ASI sebesar 48,3%. Oleh karena itu, puding daun kelor ini bisa menjadi alternatif bagi ibu menyusui yang tidak suka atau malas makan sayur.

Pembuatan puding daun kelor sangat sederhana. Berdasarkan resep dari Maharani 2020, bahan yang diperlukan antara lain 10 gr bubuk daun kelor, 900 ml susu cair, 7 gr bubuk agar polos, dan 130 gr gula pasir. Semua bahan tersebut dicampur secara merata, lalu direbus sambil diaduk hingga mendidih. Setelah itu bisa dituang kedalam cetakan dan tunggu hingga puding mengeras dan siap disantap.

Kalau tidak mau repot mencari bubuk daun kelor dan bahan lainnya, atau malas untuk memasaknya, saat ini produk puding daun kelor telah banyak tersedia di toko online. Ada yang terdapat dalam bentuk paket bahan puding, dan ada juga puding yang siap santap. Jadi, sudah tidak ada alasan lagi bagi ibu menyusui yang tidak suka makan sayur, karena saat ini mengonsumsi sayur bisa dengan cara dijadikan camilan yang sehat dan lezat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa D4 Kebidanan UNS

Editor

CLOSE