Punya Masalah Bau Badan? Daun Kemangi Solusinya

Bau badan merupakan masalah lama yang tidak dapat disepelekan. Jika penampilan anda sudah baik, masa masih bau badan? Pasti tidak asyik bukan? Bau badan juga bisa membuat kita menjadi kurang percaya diri dan tidak nyaman apabila sedang bertemu dengan orang lain. 

Advertisement

Bau badan disebabkan oleh adanya keringat. Keringat sebenarnya tanda yang sehat setiap anda beraktivitas. Namun, keringat inilah yang dapat menimbulkan bau tak sedap, tetapi pada prosesnya pasti anda tidak menginginkan bau badan menjadi penghalang untuk aktif bukan?. 

Anda bisa saja membeli parfum maupun deodorant untuk menutupi bau badan. Namun, tidak sedikit dari produk deodorant maupun parfum tersebut yang memiliki efek samping seperti alergi, ruam, maupun gatal. Tapi bagaimana jika menggunakan bahan alami saja? Karena di sekitar kita ada banyak bahan alami yang bisa kita gunakan untuk mengatasi bau badan lho. Salah satunya adalah dengan menggunakan daun kemangi. 

Awal saya mengetahui manfaat dari daun kemangi untuk mengatasi bau badan, yakni dari Ibu saya. Sewaktu saya masih berada di bangku Sekolah Menengah Atas atau SMA. Saat itu, karena pada saat SMA ada banyak kegiatan di sekolah jadi pada saat pulang ke rumah badan saya menjadi bau dikarenakan banyak berkeringat. Setelah sampai di rumah ibu saya menegur saya karena bau badan saya. 

Advertisement

Karena itulah ibu saya merekomendasikan kepada saya untuk mengonsumsi daun kemangi untuk mengurangi masalah bau badan saya. Dan karena saya penasaran maka saya mencobanya. Karena saya tidak suka dengan bau dari daun kemangi, jadi saya mencobanya dengan menjadikan daun kemangi sebagai lalapan sehingga rasa pahit dari daun kemangi tidak terasa. Setelah saya rutin mengonsumsi daun kemangi masalah bau badan saya sedikit demi sedikit sudah mulai teratasi.  

Namun,selain dari cara yang saya lakukan ada cara lain yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan daun kemangi sebagai bahan untuk mengatasi bau badan. Cara yang pertama, yaitu dengan cara diolah dengan cara merebus daun kemangi setelah itu air hasil rebusan daun kemangi dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Advertisement

    Cara kedua yang dapat dilakukan adalah dengan cara, cukup mengambil beberapa helai daun kemangi seukupnya, lalu diremas-remas dan digosokkan ke bagian ketiak, lalu dibiarkan mengering. Setelah kering bisa dibilas menggunakan air. 

    Cara ketiga yang dapat dilakukan adalah dengan cara menumbuk daun kemangi hingga halus dan diberi sedikit air. Setelah didapatkan ekstrak daun kemangi, ekstrak daun kemangi tersebut dioleskan di bagian ketiak selama kurang lebih satu menit. Setelah itu lap dengan menggunakan handuk yang kering maupun tisu.

    Selain tiga cara diatas, masih ada satu lagi cara yang dapat dilakukan untuk menggunakan daun kemangi sebagai alternatif mengatasi masalah bau badan. Jika anda tidak menyukai daun kemangi sebagai lalapan, anda bisa mengonsumsi daun kemangi dengan menjadikannya sebagai teh. 

Cara pembuatannya yaitu dengan menjemur daun kemangi hingga kering, kemudian menumbuk daun kemangi yang telah kering tadi hingga halus, setelah halus hasil tumbukan diseduh menggunakan air panas lalu menyaring hasil seduhan tersebut, dan meminum teh tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dapat dilakukan dengan mengonsumsi teh daun kemangi secara rutin sebanyak dua kali sehari. 

Daun kemangi memiliki kandungan zat-zat seperti fenol, saponin, alkaloida, flavonoid, tannin, dan minyak atsiri. Di mana diyakini bahwa minyak atsiri dapat menghilangkan aroma tidak sedap dari tubuh. Selain itu daun kemangi juga dapat berfungsi sebagai antiseptik yang dapat membunuh kuman pada keringat yang dapat menyebabkan masalah bau badan. Selain itu, karena kita menggunakan bahan alami untuk mengatasi bau badan maka tidak ada efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan bahan ini. 

Selain sebagai bahan yang dapat membantu mengatasi aroma tidak sedap dari tubuh, tanaman yang kerap dikonsumsi sebagai lalapan ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Daun kemangi kerap digunakan untuk mencegah risiko penyakit kanker dan diabetes, menjaga fungsi ginjal, mencegah risiko penyakit stroke, dapat meredakan stress, dan juga bisa menjaga kesehatan kulit. 

Untuk yang tidak memiliki tanaman daun kemangi disekitar rumah bisa juga membeli daun kemangi di supermarket maupun pasar. Karena daun kemangi ini sangat mudah untuk ditemukan. 

Nah, dari pemaparan diatas kita jadi mengetahui cara dan tips untuk menghilangkan bau badan dengan mudah bukan? Pasti mudah dong. 

Jadi saya merekomendasikan penggunaan daun kemangi untuk menghilangkan masalah bau badan. Karena untuk mendapatkan daun kemangi tidak lah sulit, kita dapat menemukan daun kemangi di sekitar kita. Selain itu, menggunakan daun kemangi untuk menghilangkan bau badan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh karena terbuat dari bahan alami. 

Dan juga selain untuk mengatasi masalah bau badan, daun kemangi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Jadi dengan menggunakan satu bahan kita sudah mendapatkan banyak sekali manfaat yang berguna bagi tubuh kita. Namun, untuk menghindari masalah bau tidak sedap pada tubuh, kita juga harus menjaga kebersihan tubuh kita agar tidak ada bakteri yang berkembang biak yang dapat menyebabkan bau tak sedap. 

Tunggu apa lagi? Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE