Rasanya Jadi Orang Ambivert. Sering Disangka Labil sampai Bingung dengan Sikapku

rasanya jadi ambivert

Hai, apa kabar kalian semua? Aku berharap kamu dalam keadaan yang sehat dan selalu penuh kasih dari pelukan Tuhan YME. Perkenalkan aku Si Ambivert, si pendiam yang terkadang menjadi sosok yang sangat berbeda dan sering berganti-ganti mood seiring dengan perkataan hati. Apakah ada yang sama dengan diriku?

Advertisement

Ambivert terdengar familiar di sekitar kita. Namun apa sih ambivert itu? Mari aku perkenalkan pada ambivert. Berbicara tentang ambivert, ia kepribadian gabungan dari kepribadian introvert dan ekstrovert. Tipe kepribadian introvert adalah tipe kepribadian yang sedikit berbicara dan lebih memilih untuk diam dan orang dengan kepribadian introvert lebih senang terhanyut dalam pemikiran mereka yang begitu dalam dan rumit.

Sedangkan tipe kepribadian ekstrovert adalah tipe kepribadian yang senang akan dunia luar, lebih senang berinteraksi antar sesama dan energi orang yang bertipe kepribadian ekstrovert adalah berbicara dan bertemu dengan banyak orang. Namun tidak semua orang dapat dikategorikan dengan kepribadian introvert maupun ekstrovert dikarenakan masih banyak faktor yang dapat mendukung penentuan tipe kepribadian seseorang. Keuntungan dari tipe kepribadian seseorang dengan kepribadian ambivert adalah mereka memiliki kelebihan dari kedua kategori kepribadian tersebut dan masih banyak hal menarik tentang orang ambivert. Lantas apakah kamu memiliki tipe kepribadian ambivert?

Ciri orang yang paling mendasar ketika seseorang memiliki kepribadian ambivert adalah mereka adalah tipikal orang yang suka mendengarkan cerita orang lain dan mereka memiliki predikat pendengar yang baik. Namun mereka yang memiliki tipe kepribadian ambivert juga memiliki kemampuan skill komunikasi yang baik. Selain itu orang dengan kepribadian ambivert juga memiliki kemampuan untuk mengatur perilaku mereka tergantung pada kondisi. tipe kepribadian ambivert juga memiliki kemampuan self control yang baik mereka akan merespons.

Advertisement

Contohnya adalah ketika mereka sedang menghadapi lawan bicara yang memiliki tipe kepribadian introvert maka mereka yang memiliki kepribadian ambivert langsung mengambil peran sebagai ekstrovert dan begitu sebaliknya sehingga dapat mencapai keseimbangan dalam komunikasi. Ambivert juga memiliki ciri yang sangat khas yaitu mereka adalah tipe orang yang seimbang. Karena kemampuan mengganti peran menjadi introvert maupun ekstrovert sehingga seseorang dengan tipe kepribadian tersebut membuat keseimbangan dalam seni berkomunikasi.

Ambivert senang akan bersosialisasi namun mereka juga nyaman melakukan semua aktivitas secara sendiri. Oleh sebab itu orang yang bertipe kepribadian ambivert cenderung bersifat fleksibel dengan semua kondisi, dan orang dengan kepribadian ambivert cenderung memiliki kemampuan berempati tinggi dan cocok untuk dijadikan tempat untuk curhat. Mereka akan mendengarkan semua curhatan yang kamu utarakan dan kemudian memberikan pertanyaan dan memberikan solusi dari masalah yang kamu ceritakan. Namun orang dengan kepribadian ambivert memiliki kelemahan di antaranya sulit dalam menentukan pilihan dan suka plin-plan dikarenakan mereka bisa memainkan dua peran sehingga mereka bingung mau memilih lebih baik berdiam diri di rumah atau bersosialisasi dengan teman-temannya.

Demikianlah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang tipe kepribadian ambivert. Jika kamu memiliki sahabat dengan ciri yang tertera di atas pertahankan dikarenakan mereka memiliki hati yang hangat dan tempat yang cocok untuk mencari solusi dari permasalahan yang kamu alami.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE