Remaja dan Problematika Umum yang Sering Menimpa

Remaja memang masa-masa yang penuh masalah. Benarkah?

Aku sangat resah dengan remaja zaman sekarang. Banyak sekali kasus yang terjadi dan itu melibatkan remaja. Kasus yang biasanya melibatkan remaja adalah pelecehan pada remaja, narkoba, hubungan yang tidak diinginkan di luar nikah, pembunuhan, bahkan kerusakan lingkungan. Aku melihat semua kasus di atas sepertinya memiliki suatu pola tertentu. Dan aku berharap kasus yang ada segera selesai dan bisa fokus pada hal yang baik.

Advertisement

Aku akan membahas mengapa semua kasus di atas bisa terjadi. Sebenarnya banyak hal yang menyebabkan semua terjadi. Menurutku, alasan utama adalah karena remaja belum menemukan jati dirinya yang sejati. Banyak hal yang dilakukannya bagaimana hidup yang baik dan bisa bahagia. Bagiku, itu adalah hal yang wajar karena remaja memiliki kekuatan, kesehatan, dan waktu yang melimpah dibanding rentang usia lainnya. Sehingga remaja memiliki tekad dan hasrat yang kuat untuk mengeksplorasi dunia. Banyak gejala dan dampak yang terjadi selama proses pencarian jati diri.

Lalu, hubungannya dengan kasus di atas apa? Jelas ada. Jika remaja mengalami masalah misalnya orangtuanya cerai dan berpisah. Remaja merasa kurang kasih sayang dan mencari perhatian dari dunia maya. Kemudian, dia tertarik dengan sosok gadis dan menjalin hubungan mesra. Dan setelahnya bisa terjadi hal yang tidak diinginkan. Atau remaja merusak lingkungan di sekitarnya dengan alasan pelampiasan. Jika hal ini tak segera diatasi, maka akan semakin parah.

Advertisement

Dampak yang ada sangatlah besar. Misalnya pelecehan pada remaja. Mengapa ada pelecehan pada remaha? Ya karena remaja masih melampiaskan kemarahan dirinya pada hal yang tidak seharusnya. Kemudian, remaja biasanya baru sadar dan menyesal. Atau bahkan menjadi kebiasaan dan ini sulit untuk diubah! Untuk mengubahnya diperlukan rehabilitasi yang intensif, pendampingan rutin, dan masih banyak lagi. Remaja juga sangat suli untuk mengontrol emosinya. Mereka mudah sekali tersulut hanya karena hal sepele. 

Sebenarnya bisa tidak remaja menemui titik terang dalam masalah ini? Pasti ada dan ini membutuhkan banyak dukungan terutama keluarga dan lingkungan. Keluargalah yang menjadi sumber inspirasi anak dan remaja. Kita bisa menyediakan fasilitas pengembangan diri seperti buku, internet, dan sebagainya. Kemudian, kita bimbing remaja dalam lingkungan yang baik. Tanamkan kasih sayang dan perhatian baik pada remaja. Sehingga kita bisa berharap lebih untuk kondisi remaja yang lebih sehat dan baik.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE