Ngomongin makanan siapa sih yang nggak demen makan? Apalagi kalau ngomongin makanan yang bau-bau pedes, rasanya tuh bikin lidah penasaran buat mencicipi. Oh iya guys, disini aku mau share menu makanan yang jadi andalan banget waktu buka puasa dan juga Lebaran. Apaan menunya kak?

Oke, untuk bahannya gampang kok.

Advertisement

Bahan:


  • 1 kg balungan ayam atau daging ayam yang banyak tulangnya

  • 5 sdm minyak goreng

  • Gula jawa secukupnya

  • Kecap secukupnya

  • Garam secukupnya

  • Micin secukupnya

  • Air secukupnya

Bumbu:

Advertisement


  • 5 siung bawang putih

  • 5 siung bawang merah

  • 15 cabe rawit merah

  • 10 cabe rawit hijau

  • 10 cabe merah keriting

  • 1 sdt merica

  • 3 biji kemiri

  • 3 cm kunyit

  • 0,5 cm lengkuas

  • 3 lbr daun jeruk

  • 1 buah sereh

Setelah bahan dan bumbunya siap, pertama kita rebus terlebih dahulu ayamnya hingga mendidiih. Sambil menunggu daging ayam lunak hingga tulang, kita racik dahulu bumbunya. Siapkan blender atau cobek. Sesuai selera masing-masing mau diblender atau ditumbuk sendiri. Tapi lebih enak kalau bumbu kita tumbuk. Blender atau tumbuk bawang putih, bawang merah, cabe, merica, kemiri, kunyit, lengkuas, daun jeruk.

Blender atau tumbuk hingga halus. Jika sudah tiriskan ke dalam wadah. Jika sudah mendidih, tiriskan balungan ayam tadi dan bilas dengan air agar tidak terlalu amis. Setelah semuanya siap, waktunya untuk mengolah menjadi masakan:


  • Siapkan wajan. Tuangkan minyak goreng secukupnya dan tunggu hingga panas.

  • Masukkan bumbu yang sudah diblender atau ditumbuk tadi. Tumis hingga harum.

  • Masukkan gula jawa dan sereh.

  • Masukkan air secukupnyadan terus diaduk.

Setelah itu masukkan balungan ayam dan aduk terus hingga bumbu menempel pada seluruh balungan ayam.


  • Tuang kecap secukupnya

  • Tambahkan garam dan micin secukupnya

  • Tunggu hingga matang dan tiriskan ke dalam wadah.

Makanan siap disajikan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya