Respon Positif Masyarakat Pengrajin Batik Dalam Seminar Pelatihan Pembuatan Iklan dengan Memanfaatkan Fasilitas Sosial Media

Seminar pembuatan iklan untuk masyarakat pengrajin batik di Desa Wisata Jarum

Indonesia terkenal dengan keberagaman budayanya salah satunya adalah batik. Batik merupakan warisan budaya yang berasal dari Negara Indonesia dan telah diakui UNESCO pada tanggal 02 Oktober 2009. Setiap tanggal 02 Oktober diperingati sebagai perayaan Hari Batik Nasional di Indonesia.

Advertisement

Batik telah berkembang pesat di Indonesia dan banyak masyarakat yang menekuni pekerjaan sebagai pengerajin batik. Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan batiknya adalah Desa Wisata Jarum yang berlokasi di Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Desa Wisata Jarum merupakan sebuah desa wisata yang dikenal dengan sentra industri batik karena sebagian besar masyarakat bekerja sebagai pengrajin batik. Batik yang terkenal pada daerah tersebut adalah batik tulis yang dibuat oleh masyarakat disana.Namun, dikarenakan adanya Covid-19 pada tahun 2020 membuat pengrajin batik di Desa Wisata Jarum mengalami penurunan penjualan. Hal tersebut membawa dampak negatif terhadap penjualan batik apalagi saat diberlakukannya lockdown dan penutupan tempat wisata di Indonesia. Sebagian pengrajin batik pada daerah tersebut beralih berjualan online namun,ada juga yang belum berjualan online karena belum terlalu mengenal sosial media.

Advertisement

Mahasiswa Amikom Yogyakarta jurusan Ilmu Komunikasi mengadakan seminar yang berlangsung pada Minggu, 20 Juni 2021 yang berlokasi di Joglo Desa Wisata Jarum. Protokol kesehatan tetap berjalan pada saat seminar seperti memakai masker dan mencuci tangan. Seminar tersebut berjudul "Pelatihan Pembuatan Iklan dengan Memanfaatkan Fasilitas Sosial Media". Seminar tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat agar dapat melakukan penjualan batik secara online dengan memanfaatkan sosial media. Seminar tersebut berisikan tentang sosial media, dasar pembuatan iklan,dan  tips-tips bagaimana membuat iklan yang menarik agar konsumen tertarik dengan batik klaten tersebut. Tidak hanya itu, hal yang menarik saat seminar tersebut yaitu masyarakat dapat mempraktikkan secara langsung bagaimana cara membuat iklan melalui Facebook dan Instagram. Praktik dalam pembuatan iklan tersebut dipandu oleh mahasiswa dan dibagi menjadi beberapa kelompok agar mahasiswa dapat membantu masyarakat dalam pembuatan iklan.

Antusias masyarakat di Desa Wisata Jarum sangat tinggi dan aktif dalam bertanya mengenai cara pembuatan iklan yang menarik. Mahasiswa Amikom Yogyakarta membagikan ilmu yang sudah didapatkan diperkuliahan kepada masyatakat. Acara tersebut berjalan dengan lancar dan mendapatkan respon baik dari masyarakat pengrjain batik di Desa Wisata Jarum tersebut. Semoga Batik di Indonesia dapat semakin maju dan semakin dicintai oleh masyarakat  Indonesia khusunya generasi muda sebagai penerus bangsa.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Perkenalkan nama saya Winda Lutfika biasa dipanggil Winda. Salam kenal semuanya . Semangat dan sukses selalu buat kalian.

CLOSE